Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

Kompas.com - 17/08/2020, 08:03 WIB
Google memperingati HUT RI ke-75 dengan menampilkan doodle khusus keragaman budaya Indonesia google.comGoogle memperingati HUT RI ke-75 dengan menampilkan doodle khusus keragaman budaya Indonesia

KOMPAS.com - Bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2020, Indonesia menandai ulang tahunnya yang ke-75. Demi memperingati hari bersejarah ini, Google Indonesia memajang doodle khusus yang menghiasi laman utama situs pencariannya.

Dalam doodle Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, terdapat ilustrasi kegiatan lomba panjat pinang dan pakaian adat. Ada pula kekayaan alam Nusantara meliputi hewan endemik Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia arnoldii.

Di balik karya Google Doodle Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini, rupanya ada sentuhan tangan ilustrator asal Jakarta, yakni Martcellia Liunic.

Baca juga: Berkenalan dengan Tukang Gambar Google Doodle

Lewat karyanya, Martcellia mengaku ingin menyampaikan pesan moral seperti gotong royong dan ragam budaya Indonesia, lewat semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Selain menggambarkan momen perayaan, dalam ilustrasi ini saya juga ingin menyematkan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti bersatu dalam perbedaan," kata Martcellia sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman Google Doodle, Senin (17/8/2020).

Meski demikian, kali ini perayaan17 Agustus terasa berbeda. Akibat pandemi Covid-19 yang belum juga mereda sejak awal 2020, masyarakat pun dianjurkan untuk tetap berdiam di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Istana Gelar Upacara Virtual HUT RI, Ini Link dan Cara Daftarnya

Kegiatan perlombaan dan beragam festival yang umumnya digelar di tengah warga, kali ini terpaksa ditiadakan sementara.

Sejak beberapa tahun terakhir, laman Google.co.id memang telah rutin menampilkan doodle bertema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Pada 2019 lalu, Google menampilkan aktivitas tujuhbelasan dalam doodle 17 Agustus. Kemudian pada 2018, terdapat sebuah ilustrasi lomba balap karung yang dipajang pada laman utama Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.