BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Dari Belanja sampai Fotografi, 4 Keseharian Ini Memanfaatkan Teknologi AI

Kompas.com - 18/08/2020, 14:17 WIB
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI) Dok. SHUTTERSTOCK/TZIDO SUNIlustrasi Artificial Intelligence (AI)

KOMPAS.com – Penerapan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence ( AI) semakin meluas dan tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Beberapa aktivitas yang dekat dengan keseharian mulai dari belanja, mencari informasi di internet, hingga fotografi sudah memakai teknologi ini.

Pada dasarnya, AI merupakan teknologi yang diprogram untuk meniru tindakan dan pola berpikir manusia.

Setelah menjadi program, sistem yang menerapkan teknologi tersebut otomatis memiliki kecerdasan seperti manusia. Dengan kemampuan itu, AI dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas, mulai dari tugas sederhana hingga kompleks.

Direktur Eksekutif Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) Indra Purnama mengatakan, teknologi AI banyak digunakan untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi proses yang semula rumit dan panjang, dikutip dari Kompas.id, Kamis (9/1/2020).

Dalam pengembangan bisnis, Indra mencontohkan, teknologi AI dipakai untuk layanan chatbot guna merespons pesan dari pengguna platform digital secara otomatis. Teknologi ini banyak digunakan dalam platform e-commerce, berbagai website, atau teknologi finansial.

Selain chatbot, masih banyak teknologi serta aplikasi yang digunakan dalam keseharian masyarakat mengadopsi AI. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 aktivitas dalam keseharian yang telah memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Transportasi online

Saat ini transportasi online merupakan salah satu aplikasi yang digunakan masyarakat dalam kesehariannya. Jika ditelisik, ternyata aplikasi transportasi online banyak menggunakan teknologi kecerdasan buatan dalam layanannya.

Misalnya, mengutip infokomputer.grid.id, Rabu (4/9/2019), teknologi AI digunakan untuk mengoptimalkan proses memilih pengemudi yang paling dekat dengan lokasi konsumen, membuat rekomendasi restoran yang tepat, dan menentukan titik penjemputan yang paling nyaman untuk pengemudi dan konsumen.

Teknologi AI juga digunakan perusahaan penyedia jasa transportasi online untuk menjaga keselamatan penumpang dan mitra pengemudi.

Contohnya, fitur pemantau yang berfungsi memastikan perjalanan konsumen aman sampai tujuan. Pada fitur ini, teknologi AI digunakan untuk mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan.

Jadi, ketika sistem mendeteksi adanya pemberhentian tidak sesuai rencana, penumpang akan segera mendapat pemberitahuan dalam aplikasi yang berbentuk pertanyaan apakah penumpang atau pengemudi memerlukan bantuan.

Streaming musik dan film

Aktivitas mendengarkan musik atau streaming film yang biasa kamu lakukan sehari-hari ternyata juga melibatkan teknologi kecerdasan buatan di dalam prosesnya, lho.

Kamu mungkin pernah menemukan rekomendasi playlist atau film di aplikasi streaming yang ternyata cocok dengan mood atau sesuai selera. Rekomendasi itu bisa muncul karena ada peran kecerdasan buatan alias AI di dalamnya.

AI akan menghimpun lagu-lagu favorit, genre yang sering didengarkan, artis film favorit, hingga jenis film yang sering ditonton, kemudian mempelajarinya. Hasilnya, aplikasi streaming bisa memprediksi dan memunculkan rekomendasi film atau musik yang sesuai dengan selera kamu.

Belanja online

Pernahkah kamu sedang berselancar di internet atau sedang membaca berita di media online lalu menemukan iklan produk yang sedang kamu inginkan? Iklan itu memang khusus ditujukan untuk kamu berdasarkan aktivitasmu di internet.

Serupa seperti aplikasi streaming, AI akan mempelajari aktivitas pencarian kamu kemudian menggunakannya untuk menentukan iklan yang paling sesuai untuk ditampilkan.

Selain itu, kecanggihan teknologi AI juga digunakan untuk membuat fitur pengenalan gambar atau (image recognition) pada kolom pencarian di situs e-commerce.

Fitur tersebut dapat membantu kamu mencari produk yang diinginkan lewat gambar yang diunggah. Teknologi AI akan mengenali obyek di gambar atau video dan secara otomatis menampilkan rekomendasi produk yang memiliki kemiripan.

Fotografi di smartphone

Adopsi teknologi AI juga sudah merambah ke dunia smartphone. Berkat teknologi ini, kemampuan fotografi pada smartphone mengalami peningkatan, bahkan kualitas tangkapan gambarnya tidak kalah bagus dengan kamera DSLR atau mirrorless.

Mengutip Kompas.com, Kamis (20/9/2018), kemampuan machine learning dalam teknologi AI mampu membuat kualitas tangkapan gambar kamera smartphone semakin baik ketika sering digunakan.

Hal itu karena AI mampu mempelajari setiap obyek foto kemudian mengoptimalkan pengaturan kamera secara otomatis untuk menghasilkan foto terbaik. Dengan begitu, AI mampu menonjolkan fitur terbaik sesuai dengan karakter setiap obyek, termasuk karakter wajah dan warna kulit.

Hasil foto Oppo Reno4 menggunakan fitur AI Color PortraitDok. Oppo Hasil foto Oppo Reno4 menggunakan fitur AI Color Portrait

Contohnya, teknologi AI Color Portrait milik Oppo Reno4. Teknologi berbasis kecerdasan buatan ini mampu membedakan warna obyek dan latar belakang secara otomatis.

Fitur tersebut memungkinkan kamu membuat foto dengan background hitam putih, tetapi tetap menjaga obyek manusia dalam warna yang sebenarnya. Hasilnya, foto memiliki warna yang sangat jelas dan kontras sehingga terlihat seperti sebuah karya seni.

Tak hanya untuk foto, Oppo Reno4 memiliki fitur AI Monochrome Video. Fitur ini merupakan gabungan dari tiga jenis filter video yang hanya mempertahankan warna merah, hijau, atau biru dari obyek tertentu di dalam video. Sementara itu, obyek lain dalam video akan ditampilkan dalam nuansa hitam putih.

Selain itu, kamera Oppo Reno4 juga dilengkapi beberapa fitur berbasis kecerdasan buatan lainnya, seperti 960fps AI Slow-motion. Fitur ini mampu menangkap 960 frame dalam satu detik dan menangkap gerak lambat di tengah-tengah aksi sehingga menghasilkan video dengan efek slow motion yang detail.

                                         

Hasil foto Oppo Reno4 menggunakan fitur Night Flare PortraitDok. Oppo Hasil foto Oppo Reno4 menggunakan fitur Night Flare Portrait

Buat penggemar fotografi malam, smartphone terbaru Oppo ini memiliki fitur Night Flare Portrait yang didukung algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh.

Dengan dukungan teknologi itu, ponsel Reno4 mampu menghasilkan foto malam hari yang terlihat cerah dan tajam dengan efek neon nan artistik pada lampu-lampu yang menjadi background obyek foto.

Sebagai informasi, seluruh kecanggihan fotografi Oppo Reno4 itu bisa kamu miliki dengan harga Rp 4.999.000 di e-commerce official OPPO Indonesia atau Oppo Store seluruh Indonesia.

Nikmati juga penawaran khusus dari provider favoritmu dengan benefit hingga Rp 3,4 juta serta special instalment dari Kredivo dan Homecredit. Informasi lebih lengkap tentang fitur dan spesifikasi Oppo Reno4 bisa kamu dapatkan di situs resmi Oppo.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya