XL Mulai Gelar Layanan Voice over LTE di Jakarta dan Medan

Kompas.com - 18/08/2020, 15:08 WIB
Operator seluler XL Axiata. XL AxiataOperator seluler XL Axiata.

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata mengumumkan kesiapannya dalam meluncurkan layanan Voice over Long Term Evolution ( VoLTE) di Indonesia. Saat ini layanan VoLTE XL telah mulai digelar di wilayah Jakarta dan Medan.

Plt. Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Dharmayusa menyebutkan bahwa Medan dan Jakarta termasuk kota yang memiliki jaringan pendukung paling lengkap untuk mendukung layanan VoLTE.

"Fibersisasi site termasuk yang paling maju, di atas 60-70 persen site sudah fiberisasi, jadi dari sisi network tidak ada masalah," ungkap Gede dalam acara webinar online yang digelar oleh XL, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: XL Rilis Paket Internet Belajar dari Rumah untuk Pengguna Axis

VoLTE sendiri merupakan layanan berbasis jaringan 4G LTE yang memungkinkan pengguna tetap tersambung ke internet (LTE) saat melakukan panggilan telepon.

Layanan ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan, meliputi kinerja sambung yang lebih cepat dan mampu menghasilkan suara yang lebih jernih dibanding mekanisme panggilan telepon konvensional.

"Suara yang dihasilkan sangat jernih, HD Voice, jadi noise yang ada di belakang itu tidak akan terdengar," kata Group Head Commercial GTM XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono

"Kemudian kecepatan sambung yang lebih cepat daripada telepon yang ada pada saat menggunakan jaringan biasa 2G atau 3G maupun saat menggunakan aplikasi third party, misalnya WhatsApp Call," imbuhnya.

Dari kiri ke kanan:  Group Head Commercial GTM XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, Plt. Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Dharmayusa, dan Group Head Customer & Brand Experience XL Axiata, Frinzy Zulkarnain dalam acara webinar online yang diselenggarakan XL AxiataKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Dari kiri ke kanan: Group Head Commercial GTM XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, Plt. Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Dharmayusa, dan Group Head Customer & Brand Experience XL Axiata, Frinzy Zulkarnain dalam acara webinar online yang diselenggarakan XL Axiata

Gede menyebut bahwa XL Axiata sebenarnya telah menyiapkan layanan VoLTE sejak tahun 2019 lalu. Menurut Gede, saat ini hampir seluruh perangkat ponsel yang digunakan pelanggan XL telah mendukung layanan VoLTE .

"Pelanggan XL yang memakai handset LTE itu sudah diatas 90 persen, jadi sudah sangat besar. Dari 90 persen yang menggunakan LTE, lebih dari 90 persen (smartphone) juga sudah mendukung layanan VoLTE," tutur Gede.

Baca juga: Pelanggan XL Home Kini Bisa Main Game di TV Pakai Ponsel

Setelah Jakarta dan Medan, Gede berharap XL akan memperluas cakupan layanan VoLTE besutannya ke kota-kota besar lain di Indonesia pada akhir 2020.

Saat ini terdapat 3.000 BTS (Base Transceiver Station) XL yang sudah mendukung layanan 4G LTE di daerah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan.

XL Axiata berencana untuk menyiapkan lebih banyak BTS di ratusan kota lainnya guna mendukung layanan VoLTE.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X