Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Jamin Update OS Android Ponsel Galaxy hingga 3 Tahun, Ini Daftarnya

Kompas.com - 19/08/2020, 07:52 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung memberikan angin segar bagi penggunanya. Pasalnya, vendor asal Korea Selatan itu kini akan memberikan pembaruan software Android selama tiga tahun ke depan.

Selama ini, kebanyakan smartphone Android mendapatkan pembaruan software Android tidak lebih dari dua tahun, atau dua generasi OS Android saja.

Hal itu terkadang membuat posisi tawar Android lemah di sebagian besar pengguna smartphone, yang akhirnya memilih iPhone, karena Apple menjamin dukungan update iOS hingga lima tahun.

Baca juga: Samsung Setop Update untuk Galaxy S dan Galaxy Tab Lawas

Jaminan tiga generasi OS Android itu terhitung setahun setelah ponsel dirilis. Misalnya, lini Galaxy S20 yang meluncur dengan Android 10, maka akan mendapat pembaruan tiga generasi Android mulai dari Android 11, 12, hingga 13.

Samsung lewat situs resminya juga mengumumkan bawah Galaxy S20 akan menjadi perangkat Android pertama yang akan mendapatkan pembaruan Android 11.

"Samsung berkomitmen untuk mendukung pengguna kami untuk menikmati sepenuhnya pengalaman mobile terbaru saat mereka menggunakan perangkat Galaxy," jelas Janghyun Yoon, SVP and Head of Software Platform Team, Mobile Communication Business Samsung Electronics.

Janghyun menambahkan, Samsung juga berkomitmen memberikan fitur-fitur baru serta membuat pengalaman mobile lebih aman, untuk mendukung pembaruan tiga generasi OS Android.

Baca juga: Ponsel Lawas Huawei Terancam Tidak Dapat Update Android Lagi

Dirakum KompasTekno dari Slash Gear, Rabu (19/8/2020), penggelontoran pembaruan software dan fitur baru bergantung pada jenis perangkat dan ketersediaan pasar.

Tidak semua perangkat Samsung yang beredar di pasaran akan mendapat keuntungan ini. Tapi semua seri perangkat Galaxy, mulai dari Galaxy seri A, seri S, Note, Foldable, hingga Tab S, bakal kebagian pembaruan Android hingga tiga tahun setelah dirilis.

Berikut daftar perangkat Samsung Galaxy yang bakal kebagian update tiga generasi OS Android:

Galaxy A:

A71 5G
A71
A51 5G
A51
A90 5G

Galaxy S:

S20 Ultra 5G
S20 Ultra
S20+ 5G
S20+
S20 5G
S20
S10 5G
S10
S10+
S10e
S10 Lite,

Galaxy Note:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com