Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main PUBG Berhari-hari, Remaja 16 Tahun Diare hingga Meninggal Dunia

Kompas.com - 19/08/2020, 08:40 WIB

KOMPAS.com - Semua kegiatan yang dikerjakan terlalu berlebihan dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh, tak terkecuali saat bermain game.

Hal itulah yang dialami oleh remaja 16 tahun asal Andhra Pradesh, India. Ia dilaporkan meninggal dunia setelah berhari-hari bermain game battle royale, PUBG Mobile tanpa henti.

Awalnya, remaja yang tidak disebutkan identitasnya itu ditemukan oleh anggota keluarga dalam keadaan dehidrasi parah. Karena terlalu asyik bermain PUBG, ia diketahui tidak makan dan minum selama berhari-hari.

Baca juga: PUBG Mobile Punya Mekanisme Anti-Cheat Baru

Mengetahui keadaan anaknya yang dalam kondisi kritis, sang orangtua pun segera membawa remaja tersebut ke rumah sakit di kota Eluru.

Setibanya di rumah sakit, remaja tersebut didiagnosa mengalami diare akut, dan harus segera menjalani operasi. Namun nahas, ia meninggal di tengah berlangsungnya operasi.

Ironisnya, ini bukan kasus kematian pertama yang disebabkan oleh kecanduan game PUBG. Pada awal Januari lalu, seorang pria 25 tahun bernama Harshal Memane dilaporkan meninggal dunia akibat stroke yang menyerang, ketika asyik bermain game PUBG Mobile.

Pria asal kota Pune, India, itu awalnya mengeluh tidak bisa menggerakkan lengan dan kaki kanannya. Setelah dilarikan ke rumah sakit terdekat, Harshal dinyatakan mengalami pendarahan hebat di bagian otak.

Sayangnya, Harshal tidak kunjung sembuh dan meninggal beberapa hari setelahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari India TV News, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Game Strategi Civilization 6 Sudah Bisa Diunduh di Android

Sementara di China, pemerintah setempat dinilai telah menangani kasus kecanduan game online dengan sangat serius.

Berbagai upaya mulai dari pengenalan wajah (face recognition), penggunaan nama asli saat bermain game online, dan pembatasan waktu bermain game telah diberlakukan guna mengurangi kasus kematian akibat game online

Sebagai informasi, Player Unknown's Battleground (PUBG) merupakan game battle royale besutan PUBG Corporation, di mana 100 pemain bertarung untuk menjadi the last man standing.

PUBG dapat dimainkan pada konsol Xbox, PlayStation, maupun PC. Game ini juga tersedia dalam versi mobile dan memiliki nama PUBG Mobile.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber India TV


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.