Android 11 Batasi Penggunaan Kamera di Aplikasi Pihak Ketiga

Kompas.com - 19/08/2020, 19:01 WIB
ilustrasi Android 11 user cnet.comilustrasi Android 11 user

KOMPAS.com - Google menggulirkan sistem operasi Android 11 versi beta beberapa waktu lalu. Untuk sementara, Android 11 baru bisa dicicipi secara terbatas oleh para pengguna ponsel Pixel saja.

Android 11 dikabarkan hadir dengan membawa sejumlah fitur dan ketentuan terbaru. Salah satunya adalah pembatasan untuk aplikasi kamera pihak ketiga yang berjalan di sistem operasi.

Android 11 akan membatasi penggunaan kamera pihak ketiga, ketika ada sebuah aplikasi lain yang meminta izin untuk menyalakan kamera pada ponsel.

Misalnya, ketika pengguna harus mengambil gambar barang dagangannya melalui aplikasi e-commerce.

Biasanya, jika di dalam ponsel ada lebih dari satu aplikasi kamera, pengguna akan diberikan pilihan aplikasi mana yang akan digunakan seperti gambar di bawah ini.

Android 11 akan membatasi penggunaan aplikasi kamera pihak ketiga. Android Police Android 11 akan membatasi penggunaan aplikasi kamera pihak ketiga.
Namun, di Android 11, sistem akan menggunakan aplikasi kamera bawaan dari ponsel tersebut secara default.

Baca juga: Android 11 Versi Beta Sudah Bisa Diunduh di Smartphone Pixel

Faktor keamanan disebut menjadi salah satu alasan utama mengapa Google menetapkan pembatasan tersebut pada Android 11.

"Kami percaya bahwa ini adalah keputusan yang tepat untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna kami," tulis pihak Google.

Dengan dibatasinya penggunaan aplikasi kamera pihak ketiga, Google dinilai telah membatasi kebebasan para pengembang aplikasi.

Padahal esensinya, Android merupakan wadah kumpul bagi para pengembang aplikasi yang ingin mengekspresikan karyanya, suatu kelebihan yang tidak ditawarkan iOS.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X