Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Gmail, Google Drive, dan YouTube Dilaporkan Tumbang di Berbagai Negara

Kompas.com - 20/08/2020, 14:48 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Layanan Gmail berangsung mulai pulih. Tim teknisi Google memberikan informasi terbaru soal pemulihan ini di laman G Suite Dashboard pada pukul 16.40 WIB.

KOMPAS.com - Beberapa layanan milik Google, seperti Gmail, Google Drive, Google Meet, dan YouTube dilaporkan tumbang di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Sejumlah pengguna layanan-layanan Google di Indonesia melaporkan hal yang sama, yakni tidak bisa mengunggah (upload) lampiran (attachment) di Gmail, atau mengunggah file baru ke Google Drive.

Beberapa pengguna YouTube juga mengeluh tidak bisa mengupload video baru di channel mereka.

Baca juga: Mark Zuckerberg Ungkap Penyebab Facebook Cs Sering Down

Dari pantauan KompasTekno, Kamis (20/8/2020) siang di laman monitoring DownDetector, keluhan dilaporkan pengguna dari berbagai negara, seperti India, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Indonesia.

KompasTekno sendiri telah mencoba mengunggah file ke Gmail atau Google Drive dan prosesnya gagal. Saat mencoba mengunggah video ke kanal YouTube KompasTekno pun mengalami hal serupa.

Laporan gangguan tercatat memuncak sekitar pukul 12.26 WIB siang dan masih berlangsung saat berita ini ditulis. Dalam laman Google status dashboard, Google telah menyadari gangguan ini dan sedang menginvestigasi apa yang terjadi.

"Kami akan memberikan informasi lebih lanjut," tulis Google.

Beberapa pengguna Gmail dan Google Drive juga mengeluhkan gangguan ini di Twitter. Namun, di Indonesia tampak tidak banyak yang melaporkan.

Kemungkinan karena hari ini, Kamis (20/8/2020) bertepatan dengan hari libur nasional Tahun Baru Islam, dan tidak banyak orang yang melakukan aktivitas yang menggunakan layanan tersebut.

KompasTekno tengah berupaya menghubungi Google Indonesia namun belum mendapatkan penjelasan tentang tumbangnya sejumlah layanan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com