Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Error Hari Ini, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 20/08/2020, 16:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Layanan Gmail berangsung mulai pulih. Tim teknisi Google memberikan informasi terbaru soal pemulihan ini di laman G Suite Dashboard pada pukul 16.40 WIB.

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Gmail di berbagai negara mengeluhkan gangguan layanan e-mail Gmail hari ini, Kamis (20/8/2020).

Dari laman navigasi platform DownDetector, banyak pengguna melaporkan gagal melampirkan file di Gmail dan Google Drive.

File dengan ukuran yang sangat kecil sekalipun tidak dapat terlampir, dan muncul keterangan "upload failed" (unggahan gagal). KompasTekno telah mencoba melampirkan file di Gmail, namun hasilnya nihil.

Hal ini disebabkan oleh server Google yang mengalami gangguan. Akibat gangguan di server Google ini, bukan hanya layanan Gmail saja yang terimbas, melainkan juga sejumlah layanan Google lain, seperti penyimpanan cloud Google Drive, serta layanan YouTube.

Baca juga: Layanan Gmail, Google Drive, dan YouTube Dilaporkan Tumbang di Berbagai Negara

Google sendiri mengakui ada gangguan di servernya. Dalam pembaruan informasi yang diunggah secara berkala, disebutkan adanya gangguan server yang dialami sejumlah layanan Google, termasuk Gmail, Google Drive, dan Google Meet.

"Gmail mengalami masalah pengiriman pesan, masalah perekaman di Meet, membuat file di Drive, masalah unggahan pengguna CSV di Admin Console, dan masalah pembuatan pesan di Google Chat", tulis tim teknis Google.

Di situs DownDetector, laporan Gmail sendiri memuncak sekitar pukul 12.26 WIB. Keluhan gangguan dilaporkan pengguna dari berbagai negara, seperti India, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Indonesia.

Tangkapan layar peta gangguan Gmail pada Kamis (20/8/2020) di situs DownDetector.DownDetector Tangkapan layar peta gangguan Gmail pada Kamis (20/8/2020) di situs DownDetector.

Pengguna Google Drive dan YouTube juga megalami masalah pada proses mengunggah file. Tim teknisi Google membagikan informasi terkini terkait masalah Gmail di laman G Suite Status Dashboard.

Baca juga: Begini Cara Batalkan E-mail yang Terlanjur Terkirim di Gmail

Mereka mulai memberikan informasi sekitar pukul 11.00 PST atau sekitar pukul 13.00 WIB.

Sejumlah pengguna Gmail mengeluhkan masalah ini di Twitter. Namun di Indonesia, dampaknya tidak terlalu ramai. Kemungkinan karena bertepatan dengan hari libur nasional.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com