Sempat Error, Layanan Gmail Mulai Pulih

Kompas.com - 20/08/2020, 17:34 WIB
Ilustrasi Gmail ShutterstockIlustrasi Gmail

KOMPAS.com - Layanan pengiriman surat elektronik, Gmail sudah kembali pulih. Pengguna kini sudah bisa lagi melampirkan file di fitur attachment (lampirkan) dalam pengiriman e-mail.

Tim teknisi Google memberikan informasi terbaru soal pemulihan ini di laman G Suite Dashboard pada pukul 16.40 WIB.

"Layanan Gmail telah pulih untuk beberapa pengguna, kami berharap pemulihan untuk semua pengguna dalam beberapa waktu ke depan," tulis tim teknis Google.

KompasTekno telah mencoba melampirkan file di Gmail, hasilnya layanan memang sudah kembali normal. Pun halnya dengan layanan Google Drive yang kini sudah bisa mengunggah file.

Baca juga: Layanan Gmail, Google Drive, dan YouTube Dilaporkan Tumbang di Berbagai Negara

Sebelumnya dilaporkan bahwa beberapa layanan Google, seperti Gmail, Google Drive, Meet, dan YouTube mengalami gangguan server. Pengguna Meet dilaporkan mengalami gangguan saat merekam video konferensi dan pengguna YouTube mengeluhkan proses upload video yang eror.

Namun untuk layanan Meet dan YouTube, belum ada informasi baru dari pihak Google. Gmail error mulai dilaporkan pada Kamis (20/8/20) siang.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Google menyadari adanya gangguan sekitar pukul 10.30 PST (12.30 WIB).

Setengah jam kemudian, tim Google mulai memberikan pembaruan informasi. Di laman monitoring layanan online DownDetector, laporan Gmail eror memuncak sekitar pukul 12.26 WIB.

Baca juga: Begini Cara Membuat Signature di Gmail

Gangguan dialami sejumlah negara seperti India, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Indonesia. Banyak pengguna Gmail mengeluhkan gangguan ini di Twitter.

Kebanyakan adalah pengguna dari luar Indonesia. Di Indonesia sendiri, tumbangnya sejumlah layanaan Google tidak terlalu ramai dibicarakan mengingat bertepatan dengan hari libur nasional.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X