Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Periskop Baru dari Oppo Bisa Atur Tingkat Zoom

Kompas.com - 21/08/2020, 16:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Kamera periskop saat ini tengah menjadi tren di smartphone flagship.
Kamera tersebut digunakan utnuk mendukung perbesaran (zoom) optis berkali-kali lipat. Tampaknya, pabrikan ponsel belum puas dengan kamera periskop yang ada saat ini.

Kamera periskop biasanya bersifat "fixed" alias hanya memilki satu focal length. Zoom lebih jauh bisa dilakukan, tapi hanya dengan pembesaran digital yang mengurangi kualitas gambar.

Beda halnya dengan teknologi kamera periskop baru yang tengah dikembangkan oleh Oppo. Kamera ini memiliki lensa dengan focal length variable, alias bisa mengubah tingkat zoom (focal length) dari 85mm ekuivalen full frame (3x zoom) menjadi 135mm (5x zoom).

Baca juga: Mirip Android, iPhone Bakal Dibekali Kamera Periskop?

Perubahan tingkat zoom tersebut merupakan kemampuan optis sehingga tidak mengurangi kualitas gambar seperti zoom digital. Adapun aperture juga bersifat variable, berubah dari f/3.3 di 85mm menjadi f/4.4 di 135mm.

Dengan demikian, kamera periskop pun menjadi lebih fleksibel dan bisa mengakomodir lebih banyak kebutuhan pemotretan. Sebab, angka optical zoom kamera periskop yang selama ini fixed di kisaran 5x kadang terasa terlalu jauh untuk beberapa jenis obyek.

Diagram susunan lensa periskop zoom di kamera baru yang tengah dikembangkan oleh Oppo, berikut contoh gambarnya, masing-masing dengan tingkat zoom 3x (85mm, gambar tengah), dan 5x (135mm, gambar kanan). Gambar kiri berasal dari kamera wide dengan focal length 26mm sebagai pembanding. GSM Arena Diagram susunan lensa periskop zoom di kamera baru yang tengah dikembangkan oleh Oppo, berikut contoh gambarnya, masing-masing dengan tingkat zoom 3x (85mm, gambar tengah), dan 5x (135mm, gambar kanan). Gambar kiri berasal dari kamera wide dengan focal length 26mm sebagai pembanding.

Selain mekanisme zoom optis yang melibatkan pergerakan elemen-lemen lensa secara fisik, kamera teleskop bikinan Oppo turut dibekali dengan autofokus dan Optical Image Stabilizer.

Selain lensa dengan zoom variable, kamera periskop baru dari Oppo juga dibekali dengan sensor jenis baru beresolusi 32 MP. Dengan teknologi image stacking, sensor ini disebut bisa mendongkrak tingkat zoom lebih jauh hingga mencapai kisaran 280mm.

Baca juga: Deretan Fitur Andalan Kamera Oppo Reno 4, Apa Saja?

Meski tampaknya menjanjikan, seperti dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (21/8/2020), Oppo belum mengungkapkan ponsel mana yang akan menjadi produk pertama dengan kamera periskop baru tersebut.

Rumor yang beredar menyebutkan kamera periskop baru Oppo akan hadir perdana di Reno 10x yang sempat muncul di situs sertifikasi otoritas komunikasi China, TENAA, bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com