Pengguna Smartphone Habiskan Rp 738 Triliun untuk Beli Aplikasi dan Game

Kompas.com - 21/08/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi aplikasi kencan online Mens HealthIlustrasi aplikasi kencan online

KOMPAS.com - Sejak Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan pandemi Covid-19 bulan Maret lalu, sebagian besar penduduk dunia diimbau untuk beraktivitas di rumah. Situasi ini berdampak pada konsumsi aplikasi dan game mobile di seluruh dunia.

Perusahaan periset data mobile, App Annie, melaporkan jumlah pengeluaran pengguna smartphone dalam belanja aplikasi sepanjang paruh pertama 2020 secara global mencapai 50 miliar dollar AS (sekitar Rp Rp 738 triliun).

Angka ini meningkat 10 persen dari capaian di paruh kedua 2019 lalu.

"Hal paling penting adalah kami melihat kemajuan atau percepatan tren yang ada di mobile, tapi hal tersebut mengejutkan sistem yang mengatur berbagai hal dalam dua hingga tiga tahun ke depan," jeals Direktur App Annie, Amir Ghodrati.

Secara keseluruhan, jumlah download aplikasi dan game mobile tercatat sebanyak 64 miliar kali pada paruh pertama 2020. Angka tersebut merupakan hasil kumulasi di kedua toko aplikasi.

Rata-rata pengguna menghabiskan 27 persen waktunya atau sekitar 4,3 jam sehari dalam menggunakan perangkat mobile pada bulan April 2020. Angka ini juga meningkat 20 persen dari periode yang sama tahun 2019.

Baca juga: Pandemi Bikin Orang Indonesia Makin Betah Berlama-lama Buka Aplikasi

Game mobile juga menjadi hiburan banyak orang di tengah pandemi. Pihak App Annie menjelaskan, mobile gaming saat ini juga menjadi sebuah industri yang mendapat perhatian besar.

Para pengembang berlomba membuat game yang bisa menarik perhatian khalayak. Bahkan, sejumlah board game yang hadir di Android dan iOS juga banyak dimainkan.

Seperti game Scrabble Go, di mana waktu yang dihabiskan untuk memainkan game ini naik signifikan secara kuartal ke kuartal (QoQ) sebesar 455 persen di Perancis dan 375 persen di Kanada.

Indonesia sendiri berada di urutan ketiga dalam grafik peningkatan jumlah game yang dimainkan tiap bulannya selama pandemi Covid-19.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X