Pengguna Smartphone Habiskan Rp 738 Triliun untuk Beli Aplikasi dan Game

Kompas.com - 21/08/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi aplikasi kencan online Mens HealthIlustrasi aplikasi kencan online

KOMPAS.com - Sejak Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan pandemi Covid-19 bulan Maret lalu, sebagian besar penduduk dunia diimbau untuk beraktivitas di rumah. Situasi ini berdampak pada konsumsi aplikasi dan game mobile di seluruh dunia.

Perusahaan periset data mobile, App Annie, melaporkan jumlah pengeluaran pengguna smartphone dalam belanja aplikasi sepanjang paruh pertama 2020 secara global mencapai 50 miliar dollar AS (sekitar Rp Rp 738 triliun).

Angka ini meningkat 10 persen dari capaian di paruh kedua 2019 lalu.

"Hal paling penting adalah kami melihat kemajuan atau percepatan tren yang ada di mobile, tapi hal tersebut mengejutkan sistem yang mengatur berbagai hal dalam dua hingga tiga tahun ke depan," jeals Direktur App Annie, Amir Ghodrati.

Secara keseluruhan, jumlah download aplikasi dan game mobile tercatat sebanyak 64 miliar kali pada paruh pertama 2020. Angka tersebut merupakan hasil kumulasi di kedua toko aplikasi.

Rata-rata pengguna menghabiskan 27 persen waktunya atau sekitar 4,3 jam sehari dalam menggunakan perangkat mobile pada bulan April 2020. Angka ini juga meningkat 20 persen dari periode yang sama tahun 2019.

Baca juga: Pandemi Bikin Orang Indonesia Makin Betah Berlama-lama Buka Aplikasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Game mobile juga menjadi hiburan banyak orang di tengah pandemi. Pihak App Annie menjelaskan, mobile gaming saat ini juga menjadi sebuah industri yang mendapat perhatian besar.

Para pengembang berlomba membuat game yang bisa menarik perhatian khalayak. Bahkan, sejumlah board game yang hadir di Android dan iOS juga banyak dimainkan.

Seperti game Scrabble Go, di mana waktu yang dihabiskan untuk memainkan game ini naik signifikan secara kuartal ke kuartal (QoQ) sebesar 455 persen di Perancis dan 375 persen di Kanada.

Indonesia sendiri berada di urutan ketiga dalam grafik peningkatan jumlah game yang dimainkan tiap bulannya selama pandemi Covid-19.

Urutan pertama dihuni oleh India dengan persentase 35 persen, kedua adalah Rusia sebesar 30 persen, dan Indonesia sebesar 26 persen.

Grafik negara dengan jumlah rata-rata game yang dimainkan tiap bulan.App Annie Grafik negara dengan jumlah rata-rata game yang dimainkan tiap bulan.
Data tersebut selaras dengan laporan beberapa operator seluler di Indonesia yang mencatat kenaikan trafik selama pandemi.

Pada bulan Maret lalu, XL Axiata mencatat kenaikan trafik layanan data sekitar 10-15 persen dibanding sebelum pandemi.

Begitu pula dengan Smartfren yang mencatat kenaikan 10 persen pada bulan April hingga Mei 2020. Telkomsel juga mencatat trafik jaringan berbasis broadband naik 16 persen pada bulan April, terhitung sejak bulan Maret.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bikin Unduhan Data Aplikasi Melonjak

Pada bulan Mei atau saat lebaran, Indosat Ooredoo juga mengalami kenaikan trafik hingga 27 persen.

Di momen yang sama, Hutchison Tri juga mengklaim adanya kenaikan sekitar 19 persen pada trafik data dibanding hari biasa sebelum pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar/PSBB.

App Annie juga mengurutkan lima aplikasi bisnis teratas secara global (kecuali China). Tiga dari lima di antaranya diisi oleh aplikasi konferensi video yang memang banyak digunakan masyarakat untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet secara berurutan mengisi tiga besar aplikasi teratas.
Secara kesluruhan, aplikasi untuk bisnis meningkat 220 persen pada Q2-2020 dibanding Q4-2019.

Secara global, pada periode yang sama pengguna mobile menghabiskan 25 persen lebih banyak waktu mereka untuk streaming acara dan film favorit mereka.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (21/8/2020), persentase pengguna Netflix di iPhone yang juga mengakses TikTok, naik 15 persen ke angka 45 persen.

Baca juga: Netflix Diunduh Lebih dari 1 Miliar Kali di Google Play Store



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X