5 Besar Pabrikan Smartwatch dan Daftar Jam Pintar Terlaris

Kompas.com - 21/08/2020, 19:10 WIB
Ilustrasi Apple Watch 5 YouTube/AppleIlustrasi Apple Watch 5

KOMPAS.com - Arloji pintar atau smartwatch menjadi salah satu perangkat yang sedang menjadi tren saat ini. Beberapa vendor teknologi merilis smartwatch dengan harga kompetitif.

Firma riset Counterpoint baru-baru ini merilis daftar lima smartwatch paling laris sepanjang paruh pertama 2020.

Berbeda dengan laporan kuartal yang diukur berdasarkan jumlah unit terjual, Counterpoint mengurutkan smartwatch terlaris berdasarkan pendapatan yang dihasilkan. Riset ini dilakukan dengan menghitung penjualan selama semester I-2020.

Apple Watch Series 5 menempati urutan pertama dalam daftar. Counterpoint mencatat Apple Watch Series 5 menyumbang lebih dari setengah pendapatan global pasar smartwatch antara Januari hingga Juni 2020.

Apple Watch Series 5 meraup 51,4 persen pangsa pasar, naik dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 43,2 persen.

Baca juga: Deretan Ponsel dan Smartwatch Pemenang Penghargaan EISA

Apple cukup getol menjual Apple Watch hingga meningkatkan pengirimannya 22 persen dari tahun ke tahun (YoY) yang disumbang oleh penjualan dari negara Eropa dan Amerika Utara. Dua wilayah tersebut menjadi pasar kunci penjualan Apple Watch.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada urutan kedua adalah Garmin yang meraup 8,3 persen pangsa pasar, naik dari periode yang sama tahun lalu sebesar 5,6 persen.

Huawei membuntuti di urutan ketiga dengan pangsa pasar 8,3 persen, naik dari angka 5,6 persen di semster I-2019.

Pada posisi keempat ada Samsung yang mencaplok 7,2 persen pangsa pasar, turun dari periode yang sama tahun 2019 sebesar 9,3 persen.

Penutup lima besar terdapat Imoo dengan pangsa pasar 5,3 persen, turun tipis dari tahun lalu yang mencapai 5,3 persen.

Merek smartwatch lain, seperti Fitbit dan Amazfit berada di luar lima besar dengan pangsa pasar yang sama yakni 2,4 persen.

Pangsa pasar smartwatch semester I-2020 versi Counterpoint Research.Counterpoint Pangsa pasar smartwatch semester I-2020 versi Counterpoint Research.
Sementara brand arloji mewah, Fossil, meraup 2,1 persen pangsa pasar. Ada pula 11,8 persen pangsa pasar lain diisi merek-merek lain, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Jumat (21/8/2020).

Dilihat dari modelnya, Apple Watch 5 disebut Counterpoint sebagai model arloji pintar Apple paling laris, diikuti Apple Watch Series 3. Baru kemudian Huawei Watch GT2 di posisi ketiga dan diikuti Galaxy Watch Active 2 di posisi keempat.

Baca juga: Apple Watch Series 5 Resmi Masuk Indonesia 6 Desember, Ini Harganya

Daftar model smartwatch terlaris sepanjang semeter I-2020 versi Counterpoint.Counterpoint Daftar model smartwatch terlaris sepanjang semeter I-2020 versi Counterpoint.
Pasar smartwatch global tetap tumbuh di tengah pandemi. Counterpoint memprediksi pangsa pasar smartwatch global naik 20 persen dari tahun ke tahun. Total, ada 42 juta smartwatch yang dikirimkan dari berbagai brand selama semester I-2020.

Counterpoint juga memprediksi fitur deteksi jatuh dan SPO2 blood oxygen akan menjadi fitur kunci yang berkembang pesat di smartwatch yang akan datang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X