Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Google Activity Cards Bisa Mempermudah Pencarian di Internet

Kompas.com - 24/08/2020, 14:22 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET


KOMPAS.com - Google memperbarui fitur activity cards yang biasanya hadir di bagian bawah halaman pencarian saat pengguna menemukan hasil pencariannya di peramban.

Fitur ini biasanya akan menampilkan penelusuran terkait dan pencarian sebelumnya yang pernah dilakukan pengguna dengan topik yang sama.

Pekan lalu, activity cards diperbarui agar lebih berfokus pada tiga topik yang seringkali menjadi pencarian paling banyak, yakni terkait pekerjaan, resep dan belanja online.

Baca juga: Hasil Terjemahan Percakapan di Google Translate Kini Bisa Disimpan

Dari tiga topik tersebut, Google menambahkan spesifikasi tahapan pencarian berikutnya agar pengguna dapat menemukan hasil pencarian secara lebih spesifik.

Google perbarui fitur Activity CardCnet.com Google perbarui fitur Activity Card

Contohnya, saat pengguna melakukan pencarian tentang lowongan pekerjaan, activity cards terkait jobs akan menampilkan posting lowongan pekerjaan baru yang relevan dan memilah pencarian dari hasil pencarian pekerjaan terakhir yang dicari pengguna.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Senin (24/8/2020), ini dapat membantu mencegah pengguna memilah-milah posting lowongan pekerjaan lama. activity card akan memunculkan peluang baru di posisi teratas.

Hal serupa juga berlaku untuk pencarian topik shopping. Activity cards akan menampilkan produk yang sebelumnya sudah dilihat-lihat oleh pengguna. 

Activity cards juga akan menyediakan ulasan-ulasan produk yang ingin diamati terlebih dahulu, sebelum pengguna melakukan transaksi pembelian.

Baca juga: Google Lens Terbaru Bisa Kerjakan Soal Matematika

Dari sini, pengguna dapat lebih mudah membandingkan apa yang sedang ia minati agar menemukan barang sesuai keinginan pengguna.

Kemudian untuk pencarian resep, activity cards akan menampilkan resep yang lebih relevan terkait dengan penelusuran hidangan atau bahan makanan yang telah dicari sebelumnya di Google.

Misalnya, saat pengguna mencari resep ayam, Google akan menampilkan resep terkait yang dilihat baru-baru ini dan menampilkan pratinjau thumbnail untuk membantu penggunanya memilih resep yang paling tepat.

Google pertama kali memperkenalkan activity cards pada 2018. Fitur tersebut menampilkan tautan di bagian bawah hasil pencarian dan di bagian atas laman hasil penelusuran. Fitur ini berfungsi jika pengguna sign-in ke akun Google di ponsel atau komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com