Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fall Guys: Ultimate Knockout, Game Battle Royale Kocak yang Naik Daun

Kompas.com - 25/08/2020, 11:14 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berlari ke garis finis sembari melewati rintangan sekaligus mendorong pemain lain. Begitulah kira-kira misi utama dari salah satu game kasual yang belakangan ini tengah populer, Fall Guys: Ultimate Knockout, atau lebih singkat disebut Fall Guys.

Di game tersebut, pemain berperan sebagai sebuah "kacang polong" menggemaskan, yang dilapisi berbagai warna dan kostum. Pemain lantas akan berkompetisi dengan 59 orang lainnya dalam sebuah pertandingan 5 ronde.

Pada setiap rondenya, mereka akan dihadapkan dengan sebuah arena yang berbeda. Meski demikian, misi utamanya tetap sama, yakni berlari menuju garis finis sembari melalui tantangan yang ada dengan cara melompat, mendorong, dan lain-lain.

Pemain yang lelet atau tidak bisa menyelesaikan misi di ronde tersebut akan tereliminasi dan tidak bisa mengikuti babak selanjutnya.

Baca juga: Pembuat Fortnite Terancam Tak Bisa Bikin Game di iPhone Lagi

Di akhir babak atau ronde ke-5, satu orang pemain yang sukses melewati berbagai rintangan dan "menjatuhkan" pemain lainnya, bakal keluar sebagai pemenangnya.

Pada saat bertanding, pemain akan disuguhkan dengan tampilan grafis yang segar dan berwarna, berikut efek animasi yang ciamik.

Jalannya sebuah pertandingan di Fall Guys pun terkesan kocak dan menggemaskan. Sebab, jika dilihat sekilas, puluhan kacang polong tampak berdempetan satu sama lain, seakan berbondong-bondong ingin mencapai satu titik tujuan yang sama.

Ilustrasi game Fall Guys: Ultimate KnockoutCriticalHit Ilustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout

Apalagi, tak jarang rintangan yang dilewati pemain bisa berupa sebuah celah atau pintu kecil, sehingga mereka wajib mendorong atau menyingkirkan pemain lainnya agar bisa sampai ke garis finis.

Popularitas meroket

Fall Guys sendiri merupakan game bergenre battle royale dengan sistem permainan last man standing, mirip seperti Fortnite, PUBG Mobile, hingga Call of Duty Mobile.

Baca juga: Game Populer Fortnite Ternyata Pernah Nyaris Batal Dirilis

Namun, berbeda dengan game battle royale kebanyakan, game besutan Mediatonic ini memiliki kontrol, berikut mekanisme bermain (gameplay), yang terbilang cukup sederhana.

Pemain pun tidak wajib memiliki kemampuan (skill) khusus, lantaran misi dari game Fall Guys hanya menjadi pemenang dengan mencapai garis finis.

Nah, dengan gameplay yang sederhana ini, ditambah dengan tampilan grafis yang segar tadi, wajar saja jika game tersebut dilirik oleh banyak pemain, gamer di platform streaming Twitch, YouTube, dan lain sebagainya.

Ilustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout.TheVerge Ilustrasi game Fall Guys: Ultimate Knockout.

Bahkan, pada hari pertama peluncuran, yakni 4 Agustus lalu, server game tersebut langsung diserbu ratusan ribu pemain. Sehingga, pihak Fall Guys harus meningkatkan performa server agar game tersebut bisa dimainkan dengan lancar.

 

 

Tak sampai di situ, dalam 24 jam pertama setelah dirilis, game tersebut dilaporkan telah dimainkan oleh 1,5 juta pengguna, dan sempat membuat server tumbang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com