Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Uji Coba Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Kompas.com - 26/08/2020, 07:01 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Kesuksesan TikTok menginspirasi perusahaan-perusahaan teknologi asal AS untuk menjiplak fiturnya ke dalam produk masing-masing.

Setelah YouTube, kini giliran Google yang dikabarkan sedang menguji coba fitur video pendek mirip TikTok.  Bentuknya berupa  "Short Video" pada tampilan Google Discover baik di Android maupun iOS.

Google menyajikan Short Video dengan tampilan preview bergulir (carousel) di dalam Google Discover. Pada highlight Short Video, konten yang dimunculkan berupa kumpulan video pendek yang dibuat dari aplikasi Trell dan Tangi.

Baca juga: YouTube Uji Coba Fitur Mirip TikTok

Di halaman khusus tersebut, pengguna bisa melihat aneka konten Trell dan Tangi yang bisa ditelusuri dengan cara menggeser layar ke kiri. Pengguna juga dapat menyembunyikan klip apa pun dari opsi menu tambahan.

Fitur Short Video di Google Discover9to5google.com Fitur Short Video di Google Discover
Dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (25/8/2020), konten Trell disematkan pada Accelerated Mobile Platform (AMP) Google untuk mengoptimalkan web mobile dengan menambahkan opsi "Click Here" untuk melihat video lainnya.

Untuk konten Tangi, antarmukanya dimunculkan serupa dengan yang ditampilkan pada aplikasi yang mencakup username, kategori video, dan opsi "Watch More".

Baca juga: Aplikasi Google Tangi yang Mirip TikTok Kini Hadir di Android

Meski demikian, Short Video masih dalam tahap uji coba, Google juga belum menjelaskan secara detail mengenai kriteria video seperti apa yang bisa dimunculkan dalam halaman tersebut.

Tangi sendiri merupakan platform yang dibuat oleh tim eksperimental Google, Area 120.

Dari antarmukanya, Tangi memiliki tampilan yang mirip dengan Pinterest. Hanya saja, jenis konten Tangi lebih berfokus pada video pendek ala TikTok. Di dalamnya ada beberapa kategori seperti Seni, Memasak, DIY, Fashion, Kecantikan, dan Gaya Hidup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9To5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com