Beda Chipset Galaxy Tab S7 dan Note 20 di Indonesia, Snapdragon vs Exynos

Kompas.com - 26/08/2020, 18:00 WIB
Galaxy Tab S7 Plus dan stylus S-Pen dalam genggaman. KOMPAS.com/Reska K. NistantoGalaxy Tab S7 Plus dan stylus S-Pen dalam genggaman.

KOMPAS.com - Samsung secara resmi membawa dua tablet terbarunya ke Indonesia yakni Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus. Galaxy Tab S7 series ini dibekali chipset kelas atas, Snapdragon 865 Plus.

Chipset itu berbeda dengan Galaxy Note 20 series yang dibawa ke Indonesia. Samsung membawa Galaxy Note 20 series yang ditenagai Exynos 990. Padahal, Snadragon 865 Plus diharapkan hadir untuk Galaxy Note 20 Ultra di Tanah Air.    

Pihak Samsung memiliki alasan tersendiri di balik keputusan tersebut.

Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni, mengatakan pemilihan chipset Snapdragon 865 Plus adalah untuk mendukung seluruh fitur yang dimiliki oleh Galaxy Tab S7 series, seperti untuk menggambar, bekerja, dan aktivitas lainnya.

"Karena itu kami memberikan prosesor terbaru dari Snapdragon untuk mendukung multitasking, dan untuk bermain game," ujar Elvira dalam acara Hands-on Galaxy Tab S7 series, Rabu (26/8/2020).

Meski Galaxy Note 20 series di Indonesia tidak menggunakan chipset Snapdragon 865 Plus, namun, Elvira menjelaskan bahwa Exynos 990 juga memiliki peningkatan performa baik dari segi CPU maupun GPU.

Baca juga: Spesifikasi serta Harga Samsung Galaxy Tab S7 dan S7 Plus di Indonesia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Galaxy Note 20 atau 20 Ultra menggunakan Exynos 990 dengan peningkatan CPU dan GPU 20 persen dibandingkan yang sebelumnya. Mendukung untuk LPDDR5 dan tetap ada peningkatannya juga," imbuh Elvira.

Sebagai informasi, Snapdragon 865 Plus sendiri merupakan chipset teratas dari Qualcomm yang dibekali dengan sejumlah peningkatan.

Galaxy Tab dengan chipset Snapdragon terbaru itu juga sudah mendukung jaringan 5G. Namun, Samsung Indonesia masih menunggu regulasi pemerintah soal pemakaian jaringan 5G pada perangkat Galaxy Tab S7 series.

"Untuk koneksi 5G-nya sendiri sebetulnya dari prosesor sudah mendukung, tapi dikarenakan di Indonesia belum support untuk 5G, jadi kita menunggu regulasinya dulu aja," ungkap Elvira.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X