CEO TikTok Kevin Mayer Mundur Setelah 100 Hari Menjabat

Kompas.com - 27/08/2020, 14:39 WIB
Kevin Mayer nytimes.comKevin Mayer

KOMPAS.com - Setelah lebih kurang 100 hari (sekitar tiga bulan) menjabat sebagai CEO TikTok, Kevin Mayer mengundurkan diri dari jabatannya. Sebelumnya, Kevin Mayer diangkat sebagai CEO TikTok pada pertengahan Mei 2020. 

Dalam sebuah keterangan tertulis, Mayer mengatakan bahwa serangkaian perubahan pada struktur kepemimpinan TikTok telah mendorongnya untuk undur diri.

Padahal, penunjukan Kevin Mayer yang berkewarganegaraan AS sebagai CEO TikTok ini awalnya disinyalir menjadi upaya TikTok untuk lepas dari "citra" perusahaan China.

Baca juga: Petinggi Disney Diangkat Jadi CEO TikTok

"Dalam beberapa pekan terakhir, karena lingkungan politik telah berubah drastis, saya telah merenungkan hal apa yang perlu dilakukan untuk perusahaan dan apa arti peran besar saya," tulis Mayer dalam sebuah e-mail.

"Dengan alasan tersebut, dan dengan harapan bisa mencapai sebuah kesepakatan, dengan berat hati saya mengumumkan bahwa saya memutuskan untuk undur diri dari perusahaan," lanjut Mayer.

Kabar pengunduran diri Mayer menyusul langkah TikTok yang belakangan menantang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke pengadilan.

TikTok mengajukan tuntutan kepada Trump terkait executive order (perintah eksekutif) untuk memblokir aplikasi TikTok di negara tersebut.

Baca juga: TikTok Tantang Donald Trump di Pengadilan

Pada 6 Agustus lalu, Trump resmi menandatangani surat perintah eksekutif yang memaksa TikTok untuk berhenti beroperasi di negaranya apabila Bytedance menolak untuk menyerahkan bisnis TikTok kepada perusahaan AS.

Alasan yang paling sering dilontarkan Pemerintah AS adalah tudingan bahwa TikTok dapat mengancam risiko keamanan nasional.

Semenjak kepergian Mayer, kekosongan posisi CEO di TikTok akan diisi sementara oleh General Manager TikTok di Amerika Utara, Vanessa Pappas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari New York Times, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: TikTok Diam-diam Menguntit Pengguna Android dengan Cara Terlarang

TikTok diketahui sedang naik daun. Di AS, aplikasi video pendek ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna harian, dan sekitar 800 juta pengguna aktif secara global. Saking populernya, TikTok disebut telah diunduh sebanyak 2 miliar kali.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X