Kuota Belajar Online 10 GB Rp 10, Bisa Zoom Meetings dan Google Meet Berapa Jam?

Kompas.com - 27/08/2020, 18:45 WIB
Ilustrasi rapat virtual. ShutterstockIlustrasi rapat virtual.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum mereda. Walhasil, sebagian besar guru dan siswa terpaksa harus mengalihkan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh, alias secara daring (online) agar tetap aman.

Ada banyak software yang bisa digunakan oleh para guru untuk menunjang kegiatan sekolah online, dua di antaranya yang cukup populer adalah Zoom Meetings dan Google Meet.

Karena proses belajar dilakukan dengan internet masing-masing, penggunaan data pun bisa menjadi sorotan. Sebab, hal tersebut bisa mempengaruhi uang yang dikeluarkan untuk membeli paket internet.

Lantas, berapa banyak kira-kira kuota data yang dihabiskan oleh platform Zoom dan Meet?

Zoom Meetings

Berdasarkan informasi yang tercantum di situs resmi perusahaan, Zoom membutuhkan kecepatan internet (bandwidth) sekitar 600 kbps - 1,8 Mbps untuk video telekonferensi dengan satu orang (1:1), tergantung kualitas video yang ditampilkan.

Jika kecepatan 1 Mbps bisa menghabiskan data sekitar 450 MB per jam, artinya satu jam penggunaan Zoom bisa menghabiskan kuota data sekitar 270 MB - 810 MB.

Sementara untuk video telekonferensi dengan banyak orang (group), Zoom membutuhkan bandwidth sebesar 800 kbps - 3 Mbps.

Dengan kata lain, penggunaan data untuk sekolah online via Zoom bisa mencapai 360 MB hingga 1,35 GB per jam.

Meski demikian, konsumsi data ini bisa bervariasi antar-pengguna. Hal ini disebabkan oleh beragam faktor yang bisa mempengaruhi penggunaan data. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X