Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Asus soal Kepastian Zenfone 7 Dijual di Indonesia

Kompas.com - 27/08/2020, 19:10 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus resmi meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, Zenfone 7 dan 7 Pro, di negara asalnya, Taiwan, pekan ini.

Ponsel tersebut merupakan suksesor Zenfone 6 yang dirilis tahun lalu dan dibanderol dengan harga termurah 21.990 dolar Taiwan (sekitar Rp 11 juta) untuk versi reguler dan 27.990 dollar Taiwan (sekitar Rp 14 juta) untuk versi "Pro".

Setelah hadir di Taiwan, apakah duo Zenfone 7 dan 7 Pro akan berpeluang dipasarkan di Indonesia?

"Kami belum ada rencana untuk menghadirkan Zenfone 7 ke pasaran Indonesia," kata Head of PR Manager Asus, Muhammad Firman dihubungi KompasTekno, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Asus Zenfone 7 dan 7 Pro Resmi Meluncur dengan Tiga Kamera Putar

Namun, Firman tidak menjelaskan lebih lanjut apakah Asus memang benar-benar tak memiliki rencana menjual Zenfone 7 ke Indonesia, atau tidak ada rencana saat ini, namun tetap akan mempertimbangkannya di masa depan.

Yang jelas, lanjut Firman, proses sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) memang belum ditempuh oleh pihak Asus.

"Biasanya kalau memang ada rencana masuk (Indonesia), jarak antara proses TKDN dan lain-lain itu tidak jauh dari peluncuran global. Saat ini proses (TKDN) belum dimulai," jelas Firman.

Kendati nasib Zenfone 7 di Indonesia masih "abu-abu", Firman memastikan bahwa pihaknya bakal memboyong smartphone ROG Phone model terbaru di Indonesia dalam waktu dekat.

"Saat ini kami masih fokus di segmen smartphone gaming dengan ROG Phone series, yang akan kita segera hadirkan seri terbarunya dalam waktu dekat," pungkas Firman.

Spesifikasi Zenfone 7 dan 7 Pro

Sedikit membahas Zenfone 7 dan 7 Pro, seperti pendahulunya, kedua ponsel tersebut masih mengandalkan kamera putar (flip). Bedanya, jumlah modul kamera di modul tersebut ada tiga, alih-alih dua.

Baca juga: Asus ROG Phone 3 Resmi Dirilis, Ini Harganya

Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera telefoto 8 MP, serta kamera ultrawide 12 MP. Perbedaan di sisi kamera hanya terletak di modul OIS yang absen di versi reguler.

Kedua ponsel juga ditenagai dengan chipset yang berbeda, yakni Snapdragon 865 untuk versi reguler, serta Snapdragon 865 Plus untuk versi Pro.

Versi reguler hadir dalam varian 6 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB, sedangkan versi Pro hanya tersedia dalam satu varian, yakni 8 GB/256 GB.

Kedua ponsel memiliki layar yang sama, dengan panel AMOLED berdiagonal 6,67 inci (2.400 x 1.080 piksel, aspect ratio 20:9), refresh rate 90 Hz, rasio layar terhadap bodi yang diklaim mencapai 92 persen, dan lapisan kaca anti-gores Corning Gorilla Glass 6.

Baik Zenfone 7 maupun 7 Pro sama-sama memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan teknologi pengisian bateria cepat Asus HyperCharge 30 watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com