Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur untuk Bersih-bersih Memori Ponsel

Kompas.com - 28/08/2020, 10:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Sebagai aplikasi pesan instan, WhatsApp cukup lengkap menyediakan berbagai macam jenis file yang bisa dikirim. Tidak hanya teks dan suara, pengguna juga bisa mengirim gambar, video, dan dokumen melalui platform ini.

Tak heran jika aplikasi ini memakan banyak ruang penyimpanan. Bahkan, karena terlalu banyak file media, tak jarang pengguna lupa atau malas untuk memilih mana saja yang layak hapus dan tidak.

Untuk memudahkan pengguna menghapus file dari WhatsApp yang membuat memori penuh, WhatsApp kabarnya tengah menyiapkan fitur baru.

Fitur ini akan dapat membantu pengguna mengurangi "sampah" perpesanan. Fitur ini pertama kali ditemukan WABetaInfo yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp.

Baca juga: Cara Backup Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang Saat Ganti Ponsel

Fitur tersebut akan muncul pada menu Storage Usage, di mana pengguna bisa mengetahui berapa banyak memori yang dihabiskan untuk masing-masing chatroom atau ruang percakapan.

Tangkapan layar fitur Storage Usage baru yang masih dikembangkan WhatsApp untuk bantu pengguna menghapus file.WABetaInfo Tangkapan layar fitur Storage Usage baru yang masih dikembangkan WhatsApp untuk bantu pengguna menghapus file.

Di fitur baru nanti, WhatsApp akan menyajikan data file dan dokumen mana saja yang bisa dihapus pengguna.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, terlihat sebuah diagram sebagai parameter seberapa banyak memori yang sudah digunakan dan masih tersedia.

Di bawahnya, terdapat "suggested clean up" (saran untuk dihapus), di mana pengguna bisa melihat dan menghapus file mana saja yang sekiranya sudah tidak penting.

Lalu tepat di bawahnya terdapat riwayat file yang diteruskan (forwarded file) lengkap dengan total memori.

Kemudian ada pula rincian file berukuran besar. Di bagian paling bawah terdapat rincian berapa banyak penyimpanan yang dihabiskan untuk tiap chatroom.

Baca juga: Tanda-tanda WhatsApp dan Facebook Messenger Akan Segera Disatukan

Daftar tersebut disusun berdasarkan ukuran file terbesar hingga terkecil.

Dengan tampilan fiturbaru ini, pengguna akan lebih mudah membersihkan file dan melegakan ruang penyimpanan.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Jumat (28/8/2020), fitur ini masih dalam tahap pengembangan di WhatsApp versi Android maupun iOS. Belum diketahui kapan WhatsApp siap memperkenalkan fitur ini kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com