Penjualan Ponsel "Rp 5 Jutaan" Xiaomi Naik Dua Kali Lipat

Kompas.com - 28/08/2020, 17:38 WIB
Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro. XiaomiXiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Xiaomi melaporkan pendapatan 7,77 miliar dollar AS pada kuartal II-2020. Jumlah tersebut naik 3,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Yang menarik, Xiaomi juga melaporkan bahwa jumlah pengiriman ponsel dengan harga 350 dollar AS (sekitar Rp 5 jutaan) ke atas naik hampir dua kali lipat, yakni tumbuh 99,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Karena proporsi penjualan smartphone menengah ke atas ini lebih besar, maka harga jual rata-rata (Average Selling Price, ASP) ponsel Xiaomi ikut terdongkrak.

Baca juga: Xiaomi Potong Harga Redmi 8, Redmi Note 8, dan Redmi 8A Pro

" Harga jual rata-rata ponsel Xiaomi meningkat 11,8 persen secara year-on-year dan 7,5 persen secara quarter-on-quarter," klaim Xiaomi dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (28/8/2020).

Xiaomi pada 2020 memang mulai agresif di segmen ponsel menengah-atas, salah satunya di pasar Indonesia. Pada Januari 2020, Xiaomi meluncurkan ponsel flagship Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro. Ponsel ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 6,9 juta.

Kemudian pada Mei 2020, Xiaomi kembali meluncurkan ponsel flagship Mi 10 dengan chip Snapdragon 865. Ponsel ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 10 jutaan.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Mi 10, Ponsel Termahal Xiaomi di Indonesia

"Setelah mendengar berbagai macam masukan dari pengguna dan tim, setelah mengetahui kekuatan Xiaomi di Indonesia, kami yakin mulai bulan Januari merilis flagship," ujar Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse Januari lalu.

Lembaga riset Counterpoint yang menghitung pangsa pasar smartphone global berdasar pengiriman, menempatkan Xiaomi di posisi ke-4 dunia, dengan pangsa pasar 10 persen.

Jumlah pengiriman ponsel Xiaomi sendiri turun dari kuartal yang sama tahun lalu, yakni dari 32,3 juta menjadi 26,5 juta.

Baca juga: Pidato Ulang Tahun, Pendiri Xiaomi Sebut Nama Karyawati Pabrik di Batam



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X