Kompas.com - 31/08/2020, 13:04 WIB
Ilustrasi penggunaan kamera aksi GoPro Hero 8 sebagai webcam GoProIlustrasi penggunaan kamera aksi GoPro Hero 8 sebagai webcam
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Kebutuhan telekonferensi di masa pandemi mendorong pabrikan kamera untuk memfasilitasi penggunaan produknya sebagai webcam di komputer, tak terkecuali pula GoPro yang biasa membuat kamera aksi berukuran mini.

Kamera Hero 8 Black kini bisa dipakai sebagai webcam di komputer Windows lewat koneksi kabel USB tipe C dan software GoPro Webcam.

Baca juga: GoPro Hero 8 Black dan Hero MAX Meluncur, Harganya?

"Yang Anda butuhkan agar bisa menggunakan Hero 8 Black sebagai webcam berkualitas tinggi yang tangguh hanyalah firmware terbaru," tulis GoPro dalam sebuah laman di situs resminya.

Software GoPro Webcam saat ini tersedia dalam versi beta untuk Windows. Sebelumnya, aplikasi serupa telah lebih dulu hadir untuk komputer berbasis macOS. Keduanya bisa diunduh di tautan berikut.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (31/8/2020), Hero 8 Black mendukung penggunaan berbagai layanan telekonferensi populer, termasuk Zoom, WebEx, Slack, Google Meet, Microsoft Teams, dan Discord.

GoPro turut menambah fungsi live streaming di sejumlah kameranya, yakni Hero 8, Hero 7 Black, dan Max.

Namun, penggunanya harus lebih dulu berlangganan layanan GoPro Plus seharga 4.99 dollar AS (sekitar Rp 72.000) per bulan.

Baca juga: Drone GoPro Karma Sedunia Mogok Terbang gara-gara Masalah GPS

Langkah-langkah untuk menggunakan Hero 8 Black sebagai webcam bisa dilihat di tautan ini, sementara panduan untuk live streaming ada di link berikut.

Selain GoPro, sejumlah pabrikan kamera mirrorless dan DSLR juga menambah dukungan fungsi webcam untuk produk masing-masing, termasuk Canon, Fujifilm, Sony, dan Nikon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.