Kompas.com - 01/09/2020, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Teknologi kamera bawah layar atau under screen camera, saat ini belum menjadi teknologi yang banyak diadopsi oleh vendor smartphone. Namun, sejumlah pabrikan sudah mulai mempersiapkan teknolog ini, salah satunya Xiaomi.

Perusahaan asal China ini baru saja memamerkan teknologi kamera di dalam layar buatannya. Dengan teknologi ini, layar ponsel dapat dimaksimalkan tanpa harus ada notch atau punch-hole.

Tampang dari ponsel dengan kamera di dalam layar Xiaomi itu dipamerkan oleh President of International Xiaomi, Shou Zi Chew melalui akun Twitternya. Ia mengatakan teknologi tersebut merupakan generasi ketiga yang dikembangkan perusahaan.

Baca juga: Penjualan Ponsel Rp 5 Jutaan Xiaomi Naik Dua Kali Lipat

"Kami bangga memperkenalkan karya terbaru kami yaitu teknologi under screen camera generasi ketiga. Tampilan ponsel dengan layar penuh akan segera hadir! Kami berencana akan memproduksinya secara massal tahun depan," kata Shou dalam kicauannya.

Dalam video tersebut, terlihat bahwa seorang peraga tengah memegang dua smartphone di mana satu ponsel masih memiliki lubang kamera (punch-hole) dan satu ponsel lain bersih tanpa terlihat adanya kamera depan.

Xiaomi memamerkan ponsel dengan teknologi kamera bawah layar (under screen camera)gizmochina.com Xiaomi memamerkan ponsel dengan teknologi kamera bawah layar (under screen camera)
Sang peraga pun menggunakan ponsel dengan layar "polos" tersebut untuk mengambil foto selfie lalu memamerkan hasilnya.

Xiaomi memamerkan ponsel dengan teknologi kamera bawah layar (under screen camera)gizmochina.com Xiaomi memamerkan ponsel dengan teknologi kamera bawah layar (under screen camera)
Dalam sebuah blog, Xiaomi kemudian menjelaskan bagaimana cara kerja teknologi kamera bawah layar tersebut.

Xiaomi mengaku berhasil mengembangkan susunan piksel baru. Perusahaan mengatakan, susunan ini memungkinkan cahaya dapat melewati celah di sub-piksel layar yakni titik merah, hijau, dan biru (RGB) yang membentuk setiap piksel.

Xiaomi juga mengatakan, area layar di atas kamera, memiliki kepadatan piksel yang sama dengan bagian layar lainnya. Sehingga sensor kamera dapat disamarkan di bawah layar tersebut.

Baca juga: Xiaomi Potong Harga Redmi 8, Redmi Note 8, dan Redmi 8A Pro

Kendati demikian, Xiaomi tidak menjelaskan secara rinci panel layar yang digunakan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (1/9/2020), Xiaomi mengklaim bahwa algoritma dari kamera di dalam layar ini akan membuat hasilnya serupa dengan  foto selfie dari kamera konvensional.

Kendati demikian, Xiaomi sendiri belum mengungkap kapan dan di seri apa teknologi ini akan dihadirkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.