Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 732G

Kompas.com - 01/09/2020, 10:13 WIB
Qualcomm Snapdragon cnet.comQualcomm Snapdragon
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pabrikan chip Qualcomm, pekan ini mengumumkan chipset smartphone kelas menengah terbarunya, Snapdragon 732G.

System-on-Chip (SoC) tersebut merupakan suksesor dari Snapdragon 730G yang meluncur April tahun lalu. Snapdragon 730G sendiri banyak digunakan ponsel mid-range di 2020.

Dari segi kemampuan, Qualcomm mengklaim chipset terbarunya itu memiliki performa 10 persen lebih ngebut dibanding pendahulunya.

Di atas kertas, kecepatan clock maksimal untuk prosesor (CPU) high performance (2 x Kryo 470) digenjot menjadi 2,3 GHz untuk masing-masing core. Sebelumnya, kecepatannya mentok di 2,2 GHz di Snapdragon 730G.

Adapun enam core lainnya (6 x Kryo 470) masih memiliki kecepatan clock yang sama, yakni di angka 1,8 GHz per core.

Perbedaan lainnya juga terdapat di sektor pengolah grafis (GPU). Performa GPU Adreno 618 di Snapdragon 732G kini diklaim 15 persen lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Chip Snapdragon 865 Plus untuk Ponsel Gaming

Terlepas peningkatan tadi, komponen lainnya di chipset terbaru Qualcomm ini bisa dibilang sama persis dengan Snapdragon 730G.

Artinya, Snapdragon 732G masih dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 8 nanometer (nm), dengan dukungan chip modem Snapdragon X15 (LTE), WiFi 6, Bluetooth 5.1 dengan aptX Adaptive dan TrueWireless StereoPlus, serta Quick Charge 4+.

Ada pula fitur Snapdragon Elite Gaming yang mendukung Vulkan 1.1, serta prosesor pengolah gambar (ISP) yang mampu merekam video hingga resolusi 4K dengan di 30 fps, berikut dukungan teknologi HDR10 dan HLG untuk memainkan konten kaya warna.

Belum diketahui kapan chipset Snapdragon 732G ini akan mulai digunakan oleh para vendor smartphone.

Namun, sub-merek Xiaomi, Poco, memastikan bahwa pihaknya bakal meluncurkan smartphone pertama di dunia yang ditenagai SoC tersebut.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus untuk Smartwatch

Ponsel misterius tersebut konon bakal meluncur dalam waktu dekat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (1/9/2020). Namun, belum diketahui tanggal pastinya.

"Kolaborasi kami dengan Qualcomm Technologies memungkinkan Poco smartphone menjadi perangkat pertama yang bakal mengadopsi Snapdragon 732G," ujar Head of Products, Poco Global, Sam Jiang, dalam keterangan resmi di situs Qualcomm.



Sumber GSM Arena
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X