Turnamen E-sport IGC 2020 Tembus 10 Juta Penonton

Kompas.com - 01/09/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi Indonesia games Championship (IGC) 2020. Dok TelkomselIlustrasi Indonesia games Championship (IGC) 2020.

KOMPAS.com - Rangkaian turnamen E-sports, Indonesia Games Championship 2020 yang tahun ini digelar secara online, telah mencapai babak final pada 27 - 30 Agustus 2020.

Enam tim e-sports keluar sebagai juara di masing-masing kategori game, mereka adalah Magnus (League of Legends), Evos Esports (Arena of Valor dan Free Fire kategori pria), dan Hertz Emotz (Arena of Valor kategori wanita).

Kemudian ada Louvre X one team (Call of Duty Mobile kategori pria), Star8 celestial (Call of Duty Mobile kategori wanita), dan Toxic for Lyfe (Free Fire kategori wanita).

Sepanjang penyelenggaraan IGC 2020, Telkomsel dan Dunia Games selaku pihak penyelenggara mengklaim berhasil menyedot lebih dari 10 juta penonton dan 1,5 juta jam waktu tonton (watch time).

Baca juga: Turnamen E-sports IGC 2020 Diklaim Beda dengan Kompetisi Lain, Seperti Apa?

Pandemi Covid-19 yang belum juga usai di Indonesia membuat penyelenggara menggelar kompetisi ini secara online.

Bagi yang ingin melihat aksi tim-tim E-sports kesayangan berkompetisi di IGC 2020, Anda masih bisa menonton ulang melalui situs Dunia Games serta aplikasi MAXstream yang bisa diunduh dari Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Berbagai pertandingan disajikan di kedua platform tersebut, mulai dari babak penyisihan hingga babak final IGC 2020.

Dari sisi jumlah peserta, IGC 2020 kali ini diikuti oleh lebih dari 34.000 peserta yang tergabung ke dalam lebih dari 8.200 tim.

Persebaran asal peserta IGC 2020 pun berhasil menjangkau berbagai daerah di Indonesia berkat penyelenggaraannya yang dilakukan secara online.

Secara keseluruhan, peserta IGC 2020 berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia, dan tiga negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura dan Filipina.

Baca juga: IGC 2020 Digelar Online, Ini Cara Telkomsel agar Kompetisi Tetap Lancar

IGC 2020 sendiri terbagi ke dalam dua kategori, yaitu tim laki-laki dan perempuan dan mempertandingkan empat judul game, yaitu Free Fire, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, dan League of Legends.

Pendaftaran dibuka pada Mei dan Juni lalu, yang dilanjutkan ke babak kualifikasi pada Juli dan Agustus. Kemudian, tujuh tim terbaik dari masing-masing game yang dilombakan mengikuti playoff yang diselenggarakan pada 24-26 Agustus 2020.

Pada akhirnya, periode Grand Final diselenggarakan pada 27-30 Agustus 2020 yang menghasilkan para juara dari IGC 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X