MediaTek Perkenalkan Chip Helio G95 untuk Ponsel Gaming

Kompas.com - 02/09/2020, 07:00 WIB
MediaTek Helio G95 MediaTekMediaTek Helio G95

KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor asal Taiwan, MediaTek, resmi merilis chipset terbarunya, MediaTek Helio G95. Sesuai dengan huruf "G" pada namanya, Chipset ini dibuat untuk ponsel gaming 4G kelas atas.

Deputy General Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek, Dr. Yenchi Lee, melihat bahwa segmen smartphone gaming mengalami pertumbuhan yang stabil. Oleh karena itulah MediaTek memperbarui chipset seri "G" miliknya dengan sejumlah peningkatan.

Helio G95 mengusung teknologi MediaTek HyperEngine terbaru, dukungan multi-kamera, dan AI Super Resolution untuk streaming video.

"MediaTek terus meningkatkan chip seri G miliknya untuk menawarkan kinerja hebat dan mediaTek Helio G95 merupakan chip gaming kami yang paling canggih saat ini," ungkap Lee dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (2/9/2020). 

MediaTek Helio G95 ditenagai dua CPU Arm Cortex-A76 2,05 GHz, enam CPU Cortex-A55, dan GPU Arm Mali-g76 MC4 dengan AI Processing Unit (APU).

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Chipset Snapdragon 732G

Chipset ini dibekali teknologi MediaTek HyperEngine terbaru yang diklaim memiliki peningkatan performa jaringan, kecepatan respon, kualitas gambar, dan daya.

"Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini dengan cerdas memicu konkurensi Wi-Fi dan LTE, memastikan koneksi yang lancar dan bebas lag ketika bermain game," lanjut Lee.

Helio G95 juga memiliki fitur AI Super Resolution yang diklaim mampu membawa kualitas tampilan yang baik ketika sedang melakukan video call dan streaming video di berbagai platform seperti Netflix, Hotstar, Amazon Prime, atau TikTok.

Fitur ini juga mendukung kualitas video mulai dari resolusi 360p hingga HD 720p secara real-time dan mengurangi bandwidth jaringan hingga 75 persen, tanpa terasa adanya perbedaan kualitas.

MediaTek mengatakan bahwa Helio G95 mendukung layar Full HD Plus 90fps dan HDR10+ yang diklaim mampu menghasilkan respon sentuhan yang lebih sensitif ketika pengguna bernavigasi di layar saat bermain game.

Baca juga: MediaTek Rilis Dimensity 720, Chipset 5G untuk Smartphone Kelas Menengah

Selain itu, chipset ini mampu menampung kamera beresolusi 64 MP dengan dukungan konfigurasi mencapai empat kamera, fitur perekaman video 4K 30fps, dan disertai fitur-fitur AI, termasuk efek bokeh.

Chipset MediaTek Helio G95 ini akan mulai hadir di smartphone gaming 4G pada September ini.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X