Blanja.com Ditutup, Pengguna Diminta Tarik Dana dari Dompet Blanja

Kompas.com - 02/09/2020, 11:41 WIB
E-commerce Blanja.com tutup layanan. Kompas.com/Wahyunanda KusumaE-commerce Blanja.com tutup layanan.

KOMPAS.com - Telkom resmi menutup e-commerce Blanja.com terhitung awal September ini. Dengan demikian, semua kegiatan jual beli di Blanja.com telah dihentikan.

E-commerce ini merupakan hasil kerja sama Telkom dan eBay yang diluncurkan 2014 lalu. Dengan ditutupnya platform ini, Blanja.com mengimbau pengguna untuk segera menarik dana yang dimiliki dari Dompet Blanja.

Blanja.com meminta pengguna untuk menarik saldo di Dompet Blanja sebelum 30 September 2020. Pengguna bisa mentransfer dana minimal Rp 10.000 di Dompet Blanja ke rekening bank apa saja.

Sementara untuk penarikan saldo Dompet Blanja setelah 30 September 2020, bisa melalui e-mail ke support@ blanja.com menggunakan e-mail yang terdaftar di Blanja dan melampirkan file KTP serta buku rekening.

Langkah pertama untuk menarik dana adalah menuju menu “Akun Saya” - “Saldo dan Penarikan Dana”, atau masuk ke “My Blanja” – Dashboard” untuk menemukan fitur penarikan dana. Kemudian, klik "Saldo dan Penarikan Dana" dan klik "Penarikan Dana".

Baca juga: Telkom Tutup E-commerce Blanja.com

Selanjutnya, isi informasi rekening bank apabila belum pernah mengelolanya di halaman "Pengaturan Keamanan". Lalu, konfirmasi sisa saldo dan klik "Selanjutnya", kemudian konfirmasi rekening bank dan jumlahnya.

Setelah semua terkonfirmasi, pengguna bisa menunggu proses transfer dana yang diperkirakan memakan waktu tiga sampai tujuh hari kerja. Informasi selengkapnya tentang cara penarikan Dana Dompet Blanja bisa dilihat di laman berikut.

Melalui keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (2/9/2020), pihak Telkom mengatakan, terhitung 1 Oktober 2020 Telkom hanya akan fokus pada bisnis e-commerce di segmen korporasi dan UMKM (Business to Business/B2B).

Telkom tengah fokus mengembangkan dan menangkap peluang bisnis e-commerce di pasar enterprise. Salah satunya melalui Pasar Digital (PaDi) UMKM yang memanfaatkan aplikasi digital untuk mengembangkan bisnis dan ekosistem UMKM.

"TelkomGroup menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat serta stakeholder yang selama ini bergabung dan memanfaatkan fasilitas transaksi retail Blanja.com, terutama para pelaku bisnis di seluruh Indonesia," ungkap Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid.

Di halaman resminya, pihak Blanja.com juga mengatakan, kegiatan pembelian, penjualan, pembayaran, serta pengiriman yang masih dalam proses akan tetap diselesaikan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang terjalin baik selama ini antara Blanja dan Teman Blanja," tulis pengumuman di halaman Blanja.com.

Baca juga: Empat Tahap Perkembangan E-commerce, Indonesia Masih di Bawah

Sebagai informasi, Blanja.com diluncurkan tahun 2014. E-commerce ini merupakan hasil patungan antara Telkom Group dan eBay, perusahaan e-commerce raksasa asal Amerika Serikat.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X