Oppo Siapkan Ponsel Layar Lipat Mirip Razr?

Kompas.com - 02/09/2020, 13:14 WIB
Ponsel Oppo Paten Layar Lipat LetsgodigitalPonsel Oppo Paten Layar Lipat

KOMPAS.com - Februari 2019 lalu, Oppo sempat memamerkan ponsel lipat (foldable phone) buatannya. Namun, selang sebulan kemudian Oppo malah membatalkan rencana produksi ponsel layar lipat tersebut.

Kini, Oppo disinyalir berencana untuk kembali memproduksi sebuah ponsel layar lipat. Hal ini terungkap dari sebuah paten yang diajukan pada World Intellectual Property Office (WIPO).

Paten tersebut pertama kali diketahui oleh halaman LetsGoDigital. Dalam paten yang diajukan, desain ponsel lipat yang dibuat Oppo tampak seperti Motorola Razr dan Galaxy Z Flip.

Bentuk ponsel layar lipat yang diadopsi adalah clamshell, yakni menyerupai sebuah cangkang kerang dengan mekanisme lipatan dari atas ke bawah.

Baca juga: Huawei Patenkan Ponsel Layar Lipat Mirip Galaxy Z Flip

Bentuk ini berbeda dengan desain ponsel lipat Oppo yang tahun lalu dipamerkan, di mana mekanisme lipatannya seperti sebuah buku.

Rancangan ponsel lipat teranyar Oppo ini juga berbeda dengan Galaxy Z Flip dan Motorola Razr yang ditekuk ke dalam. Ponsel lipat rancangan Oppo ini dilipat dengan cara ditekuk ke bagian luar.

Sehingga, ketika dalam keadaan dilipat, layar utama ponsel ini akan terbagi dua menjadi bagian depan dan belakang.

Dari desain ini, Oppo terlihat merancang ponsel lipat tersebut dengan bentuk yang kompak agar mudah dibawa.

Oppo juga menempatkan kamera belakang di bagian bawah. Sehingga ketika dalam keadaan dilipat, kamera tersebut dapat digunakan sebagai kamera depan.

Baca juga: Layar Lipat Razr Ternyata Tak Sekuat Galaxy Fold, Apa Kata Motorola?

Paten tersebut juga memperlihatkan ponsel ini memiliki pemindai sidik jari di bagian samping.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (2/9/2020), kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah Oppo benar-benar akan merealisasikan ponsel lipat ini atau kembali menundanya seperti tahun lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X