Samsung Galaxy Z Fold 2 Dukung "Drag and Drop", Ini Fungsinya

Kompas.com - 02/09/2020, 13:51 WIB
Galaxy Z Fold 2 tampak belakang. SamsungGalaxy Z Fold 2 tampak belakang.

KOMPAS.com -Survei internal yang dilakukan Samsung mengungkap bahwa 70 persen pengguna Galaxy Fold mengaku lebih nyaman menggunakan ponsel lipat tersebut dibanding tablet.

Survei ini sendiri dilakukan terhadap sejumlah pengguna Galaxy Fold, yang membeli perangkat tersebut periode September-Oktober 2019, dan memiliki tablet sebagai gadget penunjangnya.

Dari temuan ini, Samsung lantas menghadirkan sederet fitur multitasking yang lebih mumpuni di Galaxy Z Fold 2, salah satunya adalah fitur Drag and Drop. Fungsinya mirip dengan fitur copy-paste, namun dipercanggih.

Fitur Drag n Drop ini sangat bermanfaat saat menggunakan fitur Multi Active Window, dimana ponsel layar lipat ini menampilkan tiga aplikasi secara bersamaan, seperti dua aplikasi di layar kiri atau bawah, dan satu aplikasi di bagian kanan atau atas, atau sebaliknya.

Baca juga: Galaxy Z Fold 2 Bisa Setengah Terbuka Seperti Laptop, Apa Rahasianya?

Tampilan aplikasi itu bisa diatur dengan fitur Drag and Drop. Pengguna bisa menyeret atau menarik jendela aplikasi yang ada di satu tempat ke tempat lainnya, untuk mengatur posisi sesuai dengan keinginan.

Fitur Multi Active Window Galaxy Z Fold 2 dengan Drag and Drop.Samsung Fitur Multi Active Window Galaxy Z Fold 2 dengan Drag and Drop.

Selain mengatur jendela aplikasi, fitur Drag and Drop ini juga bisa digunakan untuk menyalin konten, seperti teks atau gambar, antar-aplikasi dengan mudah.

Bukan menyalin layaknya metode konvensional, alias copy-paste, pengguna ponsel lipat ini bisa menyeleksi teks atau gambar yang ingin disalin dari satu aplikasi, lantas menyeretnya ke aplikasi lain yang sedang dibuka.

Contohnya, seorang pengguna sedang membuka tiga aplikasi secara bersamaan, misalnya YouTube, SMS, dan Gmail.

Baca juga: Samsung Pastikan Galaxy Z Fold 2 Masuk Indonesia, Kapan?

Ketika pengguna ingin menyalin informasi yang ada di dalam aplikasi Gmail ke SMS, maka pengguna hanya perlu menyeleksi dan menyeret teks tersebut, dari jendela aplikasi Gmail ke SMS. Praktis tak perlu memilih menu Copy saat menyalin atau Paste saat menempel.

Di samping fitur multitasking tadi, Galaxy Z Fold 2 juga mendukung fitur Split Screen Capture. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mengabadikan seluruh jendela aplikasi yang sedang terbuka dalam satu kali screenshot.

Nantinya, hasil screenshot juga bisa ditarik ke jendela aplikasi yang diinginkan yang sedang dibuka dalam mode Multi Active Window.

Misalnya, pengguna bisa menggeser gambar tersebut ke aplikasi semacam Gmail atau SMS tadi bila ingin mengirimkannya ke kerabat.

Sederet fitur multitasking ini, menurut perwakilan Samsung Electronics Basic UX Group, Yeonjoo Jwa, dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang mulus bagi para pengguna Galaxy Z Fold 2.

"Kuncinya adalah untuk memberikan pengalaman interaksi dan visual yang intuitif dengan beragam layout, sehingga pengguna bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan," tutur Yeonjoo dalam Samsung Virtual Event, Senin (31/8/2020).



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X