Inilah Galaxy A42 5G, Smartphone 5G Samsung yang Paling Murah

Kompas.com - 03/09/2020, 10:07 WIB
Galaxy A42 5G. SamsungGalaxy A42 5G.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Smartphone 5G biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Sebab, teknologi 5G tergolong masih baru dan belum banyak diadopsi.

Namun, vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, terus berusaha menekan harga jual perangkat 5G. Perusahaan baru saja memperkenalkan Galaxy A42 5G yang konon akan menjadi perangkat 5G paling murah dari Samsung.

Galaxy A42 5G mengusung desain serupa dengan sejumlah model Galaxy A, yakni dengan kehadiran poni (notch) "Infinity-U". Ponsel ini mengusung layar Super AMOLED dengan diagonal 6,6 inci.

Pada bagian punggung, terdapat empat buah kamera yang ditampung dalam modul persegi.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan depth sensor 5 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 20 MP.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy M51, Punya Baterai Jumbo 7.000 mAh

Bagian belakang ponsel ini tampak memiliki perpaduan warna hitam, biru, hingga abu-abu. Tiap warnanya terlihat dipisahkan dengan garis, tidak dengan gradasi.

Kendati demikian, belum diketahui chipset apa yang digunakan ponsel ini, berikut kapasitas RAM dan memori internalnya.

Namun, Samsung mengonfirmasi bahwa Galaxy A42 5G memiliki baterai jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat.

Ada pula pemindai sidik jari yang sudah tertanam di bawah layar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamsungNewsroom, Kamis (3/9/2020).

Berdasarkan keterangan di situs Samsung Newsroom berbahasa Jerman, Galaxy A42 5G dibanderol dengan harga 369 euro atau sekitar Rp 6,4 juta. Harga ini lebih murah ketimbang dua ponsel 5G seri A lainnya.

Sebagai informasi, pada April lalu, Samsung merilis Galaxy A51 dan Galaxy A71, dua smartphone seri A pertama yang mendukung jaringan 5G.

Di Amerika Serikat (AS), Galaxy A71 5G dijual seharga 599 dollar AS atau sekitar Rp 8,6 juta. Harga tersebut sekitar separuh dari Galaxy S10 5G yang sudah lebih dulu dijual dengan harga 1.149 dollar AS, atau sekitar Rp 16,6 juta.

Baca juga: Samsung Siapkan Ponsel Lipat Galaxy Z Fold Versi Lebih Murah?

Galaxy A42 5G rencananya bakal dijual mulai awal November mendatang di Jerman. Belum diketahui kapan ponsel 5G ini menyambangi negara lainnya.

Spesifikasi lainnya, seperti chipset atau RAM tadi, juga belum dibeberkan secara rinci. Kita nantikan saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X