Intel Umumkan Jajaran Prosesor "Tiger Lake" Baru untuk Laptop

Kompas.com - 03/09/2020, 11:12 WIB
Ilustrasi prosesor Intel Tiger Lake. IntelIlustrasi prosesor Intel Tiger Lake.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Intel mengumumkan deretan prosesor ( CPU) Intel Core U-series (UP3) dan Y-series (UP4) terbaru yang dirancang untuk perangkat laptop.

Jajaran CPU anyar yang termasuk dalam generasi ke-11, atau dijuluki " Tiger Lake", ini terdiri dari prosesor Intel Core i3, i5, hingga i7

Fabrikasinya menggunakan teknologi "10nm SuperFin" dan diklaim memiliki performa yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya (generasi ke-10/Ice Lake) di mode konsumsi daya rendah.

Beberapa model prosesor Tiger Lake ini juga dibekali dengan kartu grafis (GPU) terintegrasi anyar yang disebut "Intel Iris Xe".

Baca juga: Logo Baru Intel Tampil Lebih Segar

Intel mengklaim kartu grafis ini lebih bertenaga dibanding Intel UHD Graphics generasi sbeelumnya lantaran memiliki 80 - 96 execution units (EUs) dan kecepatan mencapai 1,35 GHz.

Meski demikian, Intel Iris Xe hanya bisa ditemui di model Intel Core i5 dan i7 saja (UP3 dan UP4), sedangkan model Intel Core i3, baik seri UP3 atau UP4, hanya akan kebagian GPU Intel UHD Graphics yang memiliki 48 EU.

Lebih detail, model teratas dari dari seri UP3 adalah Intel Core i7-1185G7 dengan konfigurasi 4 (core)/8 (thread), cache 12 MB, keceptan base clock 3,0 GHz, kecepatan turbo mencapai 4,8 GHz (single core)/4,3 GHz (all cores), serta TDP 12 - 28 watt.

Daftar model prosesor Tiger Lake terbaru besutan Intel untuk laptopWindowsCentral Daftar model prosesor Tiger Lake terbaru besutan Intel untuk laptop
Model teratas dari seri UP4 sendiri, yakni Intel Core i7-1160G7, dibekali dengan konfigurasi yang nyaris identik dengan model teratas di seri UP3.

Hanya saja, kecepatan clock-nya "disunat" menjadi 1,2 GHz (base) dan 4,4 GHz (turbo single core)/3,6 GHz (turbo all cores), dengan TDP 7 - 15 watt.

Selain kartu grafis Intel Xe, deretan prosesor Tiger Lake ini disertai dengan berbagai dukungan teknologi terbaru, seperti Thunderbolt 4, WiFi 6, berikut PCI Express (PCIe) 4.0, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WindowsCentral, Kamis (3/9/2020).

Baca juga: Ada Cacat di Prosesor 7nm Intel, Peluncuran Ditunda hingga 2023

Ada pula dukungan display dengan resolusi mencapai 8K HDR, dengan opsi penggunaan empat buah layar beresolusi 4K HDR secara bersamaan.

Deretan prosesor Intel Core generasi ke-11 ini diprediksi bakal meluncur di sekitar 150 perangkat komputer portabel bikinan para vendor ternama, seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, MSI, Razer, Samsung, dan lain sebagainya, dalam waktu dekat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X