India Blokir 118 Aplikasi Buatan China, Termasuk PUBG

Kompas.com - 03/09/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi PUBG Mobile Lite di Galaxy A2 Core (kiri) dan Redmi Go (kanan). KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi PUBG Mobile Lite di Galaxy A2 Core (kiri) dan Redmi Go (kanan).

KOMPAS.com - India kembali memblokir 118 aplikasi buatan China termasuk PUBG Mobile, Tantan, dan Alipay. Pemblokiran dilakukan di tengah ketegangan hubungan kedua negara akibat konflik di wilayah Ladakh, perbatasan China dan India.

Bulan Juni lalu, konflik di wilayah tersebut memakan korban 20 tentara India. Dilaporkan Medianama, pasukan India dan China kembali bentrok di wilayah Ladakh.

Pemerintah India beralasan ratusan aplikasi buatan China itu dinilai merugikan kedaulatan dan integritas, pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum di India.

Menteri Elektronik dan Teknologi Informatika (TI) India, mengatakan bahwa Pusat Koordinasi Kejahatan Siber India dan Kementerian Dalam Negeri telah mengirim rekomendasi untuk memblokir sejumlah aplikasi yang dianggap berbahaya.

Ini adalah kali ketiga India memblokir aplikasi buatan China karena dampak konflik politik. Sejauh ini ada 224 aplikasi bikinan China yang telah diblokir.

Pemblokiran pertama dilakukan bulan Juni lalu. Saat itu ada 59 aplikas yang diblokir termasuk TikTok, Mobile Legends, dan WeChat.

Bulan Juli, India kembali memblokir 47 aplikasi. Dasar pemblokiran aplikasi asal China termaktub dalam Section 69 undang-undang Teknologi Informasi India.

"Kementerian Elektronik dan TI menerima banyak komplain dari berbagai sumber termasuk beberapa laporan tentang penyalahgunaan beberapa aplikasi mobile yang tersedia di Android dan iOS untuk mencuri dan mentransmisikan data pengguna secara diam-diam dengan cara ilegal ke server yang berlokasi di luar India," jelas Menteri Elektronik dan Ti India.

Konflik kian memanas

Menurut praktisi siber asal India, Paval Duggal, pemblokiran ini merupakan salah satu strategi politik India untuk mengirimkan pesan ke pemerintah China.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X