Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti WhatsApp, Forward Pesan di Facebook Messenger Kini Dibatasi

Kompas.com - 04/09/2020, 08:09 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan saat ini kerap digunakan untuk menyebar informasi keliru atau hoaks. Hal ini tentu saja membahayakan pengguna karena mendapat informasi yang menyesatkan.

Untuk menghindari hal tersebut, aplikasi pesan instan Facebook Messenger kini kedatangan fitur baru yang membatasi jumlah penerusan (forward) pesan. Pengguna Messenger kini hanya bisa meneruskan pesan kepada lima orang dalam satu waktu. 

Pembatasan ini sudah lebih dulu dilakukan di aplikasi WhatsApp sejak beberapa bulan lalu. WhatsApp juga membatasi jumlah penerusan pesan hanya kepada lima orang atau grup dalam satu kali forward.

Baca juga: Kurangi Misinformasi, Penerusan Pesan Berantai di WhatsApp Dibatasi

Ilustrasi fitur forwarding limit di MessengerFacebook Ilustrasi fitur forwarding limit di Messenger

Menurut Director of Product Management, Messenger Privacy and Safety, Jay Sullivan, fitur ini dihadirkan untuk meredam peredaran kabar palsu alias hoaks, terlebih di masa pandemi Covid-19 dan menjelang pemilihan umum (pemilu) di Amerika Serikat.

"Membatasi pesan yang di-forward adalah sebuah cara yang efektif untuk memperlambat peredaran kabar hoaks yang membahayakan untuk menjadi viral," kata Jay di sebuah blog.

Nantinya, apabila pengguna mencoba untuk meneruskan sebuah pesan ke lima orang kerabat/grup sekaligus di Messenger, maka mereka akan disodori sebuah pesan peringatan yang  berbunyi "forwarding limit reached".

Mereka pun tak bisa meneruskan pesan tersebut ke pengguna lainnya dan terpaksa harus meng-klik tombol "Done" seperti yang terlihat pada gambar di samping ini.

Baca juga: Tanda-tanda WhatsApp dan Facebook Messenger Akan Segera Disatukan

"Kami yakin mengontrol peredaran hoaks sangat penting di masa pandemi Covid-19, apalagi beberapa negara juga bakal menggelar pemilu, seperti Amerika Serikat dan Selandia Baru," imbuh Jay.

Tidak dijelaskan apakah pengguna bisa "mengakali" fitur ini dengan cara meneruskan pesan yang sama ke lima orang/grup yang berbeda atau tidak.

Namun, yang jelas, fitur ini tampaknya bisa memperlambat pengguna untuk mengirim pesan berantai kepada puluhan atau belasan pengguna dalam satu kali klik.

Fitur keamanan ini sendiri sudah mulai digelontorkan di Messenger versi Android dalam beberapa bulan ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Jumat (4/9/2020).

Belum diketahui pula kapan pengguna Messenger di platform iOS bakal kebagian fitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WCCF Tech


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com