Kangen Keluarga, CEO HTC Yves Maitre Mengundurkan Diri

Kompas.com - 04/09/2020, 13:07 WIB
Mantan Presiden dan CEO HTC Yves Maitre yang telah mengundurkan diri dan digantikan oleh Cher Wang EndgadgetMantan Presiden dan CEO HTC Yves Maitre yang telah mengundurkan diri dan digantikan oleh Cher Wang

KOMPAS.com - Vendor ponsel Taiwan, HTC mengumumkan bahwa CEO Maitre Maitre telah resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Maitre sebelumnya menduduki kursi CEO HTC sejak 17 September 2019.

Dengan demikian, kurang lebih hanya satu tahun Maitre memegang jabatan orang nomor satu di HTC. Pengunduran diri Maitre disebut HTC karena alasan pribadi.

Maitre merasa keberatan dengan kebijakan pembatasan perjalanan internasional yang diterapkan HTC, akibat pandemi Covid-19.

Hal ini mengakibatkan Maitre tidak bisa pulang menjumpai keluarganya yang tingga di Eropa. Kantor pusat HTC sendiri berada di Taoyuan, Taiwan. Tak lama setelah Maitre berkantor di Taiwan pada September 2019, pandemi Covid-19 melanda.

Baca juga: Ingin Kembali Jualan Ponsel di Indonesia, HTC? Perhatikan 3 Faktor Ini

HTC pun mengeluarkan kebijakan larangan perjalanan internasional bagi karyawannya, termasuk CEO-nya sendiri. Hingga kurang lebih 11 bulan, Maitre harus terpisah dengan keluarganya.

Selama Maitre memimpin, HTC jor-joran di pasar headset VR. Perusahaan memperluas lini headset VR Vive Cosmos, dan meluncurkan solusi layanan Vive XR Suite untuk pengguna VR di segmen perusahaan.

HTC juga sedang menyiapkan perangkat headset VR generasi baru yang ukurannya digadang-gadang lebih compact (kecil).

Di masa Maitre menjabat pun HTC sempat meluncurkan smartphone 5G pertamanya, HTC U20 5G, dihimpun KompasTekno dari Endgadget, Jumat (4/9/2020).

Dari segi bisnis, pada kuartal II-2020, HTC mengalami kerugian 62 juta dollar AS, sekaligus menjadi kerugian HTC selama sembilan kuartal berturut-turut. Jumlah kerugian itu melonjak dari kerugian di kuartal sebelumnya yang sebesar 57 juta dollar AS.

Baca juga: HTC Umumkan Tiga Perangkat VR Terbaru

Dalam masa Maitre menjabat pun, HTC sempat melakukan dua kali PHK karyawan. Pertama pada Desember 2019, yang disusul gelombang PHK kedua pada Juni 2020. Namun tidak disebutkan berapa banyak karyawan HTC yang terpengaruh atas PHK tersebut.

Kini, jabatan CEO HTC dipegang oleh Cher Wang, yang sebelumnya menjabat sebagai chairman sekaligus Cofounder HTC.

Wang sebelumnya juga pernah menjabat CEO HTC pada periode Maret 2015 hingga September 2019. 

Kini Wang punya tugas mengurus bisnis HTC - yang telahmerugi sembilan kuartal berturut-turut-, memimpin HTC bersaing dengan Facebook di segmen headset VR, serta harus memikirkan kelanjutan bisnis smartphone HTC.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X