Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Patenkan Desin Ponsel Baru dengan Kamera Periskop

Kompas.com - 04/09/2020, 17:26 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Para pembuat ponsel belakangan semakin giat meluncurkan perangkat ponsel dengan teknologi kamera periskop setelahpertama kali dipopulerkan pada ponsel flagship Huawei, P30 Pro, di awal tahun 2019 lalu.

Satu tahun berselang,teknologi kamera yang menempatkan rangkaian lensa telephoto secara menyamping sehingga tak menonjol ke luar bodi ponsel ini telah banyak dijumpai di berbagai ponsel, termasuk ponsel besutan Vivo seperti X30 Pro, X50 Pro dan  X50 Pro Plus.

Kini, vendor smartphone asal China tersebut kembali mengajukan paten desain ponsel baru yang membawa teknologi kamera periskop. Paten tersebut pertama kali diketahui oleh halaman LetsGoDigital.

Baca juga: Vivo Resmikan Dua Gerai Smartphone dengan Konsep Baru

Vivo telah mengajukan paten dimaksud dari jauh-jauh hari, yakni sejak tanggal 24 April 2020. Namun, kantor hak paten China (CNIPA) baru menerbitkan dokumennya pada 28 Agustus lalu.

Mengacu pada rangkaian gambar yang tercantum di dalam dokumen paten, desain ponsel akan memiliki layar full screen berbingkai tipis, dengan tepian sudut yang agak melengkung. Sementara di sudut kiri atas layar, terdapat punch hole yang memuat satu buah kamera selfie.

Desain ponsel ini memiliki tiga tombol di sisi kanannya, masing-masing berupa tombol rocker, tombol daya, dan tombol slider. Sedangkan di sisi bawah, terdapat slot SIM Card dan port USB Type-C.

Paten desain ponsel Vivo dengan kamera periskop LetsGoDigital Paten desain ponsel Vivo dengan kamera periskop

Pada bagian punggung, desain ini akan mengusung finishing dua warna (dual-tone) yang memisahkan antara bagian atas dengan bagian bawah ponsel.

Masih di sisi yang sama, Vivo rencananya akan menempatkan sebuah modul lingkaran yang menampung empat jenis kamera. Adapun keempat kamera tersebut terdiri dari satu kamera utama, satu kamera periskop di sisi bawah, serta dua kamera lainnya yang masih misterius.

Jika dilihat dari bentuk susunan kamera, desain ini serupa dengan kamera punggung yang terdapat pada Vivo Nex 3 dan Vivo Nex 3S. Bedanya, Vivo Nex 3 hanya mengusung tiga buah kamera punggung, alih-alih empat seperti desain yang tercantum pada paten.

Baca juga: 9 Pusat Riset di Balik Teknologi dan Inovasi Vivo

Dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Jumat (4/9/2020), apabila Vivo berencana untuk menggunakan paten tersebut, maka kemungkinan besar paten simaksud akan diadopsi pada ponsel seri Nex selanjutnya.

Namun karena masih berupa paten, belum diketahui apakah Vivo akan benar-benar mewujudkan desain ponsel baru dengan kamera periskop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com