Fujifilm Perkenalkan Lensa "Terlebar" XF50mm F1.0 R WR

Kompas.com - 04/09/2020, 18:35 WIB
Fujifilm X-T4 dengan lensa XF50mm F1.0 R WR. Dok.FujifilmFujifilm X-T4 dengan lensa XF50mm F1.0 R WR.

KOMPAS.com - Fujifilm memperkenalkan lensa baru seri X untuk kamera mirrorless. Lensa tersebut diberi nama XF50mm F1.0 R WR dan memiliki bukaan lensa (aperture) f/1.0.

Dengan bukaan lensa sebesar ini, maka cahaya yang masuk akan lebih banyak. Walhasil shutter speed akan bisa lebih cepat. Fujifilm mengklaim bahwa XF50mm F1.0 R WR merupakan lensa autofokus dengan bukaan terlebar yang pernah dibuatnya.

Lantaran aperture lebar tersebut XF50mm F1.0 R WR pun bertubuh bongsor dan berat untuk lensa sekelasnya, dengan bobot 845 gram ukuran fisik 103,5mm x 87mm. Bobot tersebut membuat lensa ini menjadi lensa seri X Fujifilm paling berat.

Baca juga: Kamera Mirrorless Fujifilm Kini Bisa Disulap Jadi Webcam

Focal length 50mm lensa ini setara dengan 76mm di kamera full-frame dengan aperture sekitar f/1.4. Bukaan lensa f/1.0 menghasilkan depth of field atau ruang tajam yang sangat tipis sehingga memaksimalkan efek bokeh atau blur.

Selain ring untuk memilih aperture, di bodi lensa terdapat ring fokus manual dengan rotasi 120 derajat dari jarak fokus terdekat ke jarak fokus terjauh.

Lensa Fujifilm XF50mm F1.0 R WR dengan autofokus terkencang.Dok. Fujifilm Lensa Fujifilm XF50mm F1.0 R WR dengan autofokus terkencang.

Fujifilm bukan produsen lensa pertama yang memperkenalkan bukaan lensa besar untuk kamera mirrorless.

Nikon juga memiliki Nikon Nikkor Z 58mm dengan bukaan lensa f/0.95. Namun lensa tersebut hanya mendukung fokus manual,  bukan autofokus layaknya kamera Fujifilm XF50mm F1.0 R WR.

Baca juga: Fitur Video Fujifilm X-T4 Bidik Sinematografer dan Vlogger

Semakin kecil angka aperture, maka bukaan akan semakin lebar. Itu artinya cahaya yang masuk akan semakin banyak.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Jumat (4/9/2020), lensa ini akan mulai dijual akhir September 2020. Harganya yang dipatok adalah 1.499 dollar AS atau sekitar Rp 22 juta dengan kurs rupiah saat berita ini ditulis.



Sumber Tech Radar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X