Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret dengan Kamera Ponsel Oppo Reno 4, Sebagus Apa Hasilnya?

Kompas.com - 05/09/2020, 15:20 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo telah resmi memasarkan smartphone terbaru dari keluarga Reno series di Indonesia, yakni Reno 4. Ponsel tersebut hadir dengan RAM 8 GB dan storage 128 GB, serta dijual dengan harga Rp 5 juta.

Salah satu fitur andalan Reno 4 adalah kameranya. Di punggungnya, terdapat empat kamera yang disusun secara vertikal dalam modul berbentuk persegi.

Keempat kamera itu terdiri dari kamera 48 MP (f/1.7, wide, PDAF), 8 MP (f/2.2, ultrawide), 2 MP (f/2.4, macro), 2 MP (f/2.4, mono). Kamera depannya, yang ditampung dalam lubang kamera alias punch hole, memiliki resolusi 32 MP (f/2.4, wide).

Baca juga: Deretan Fitur Andalan Kamera Oppo Reno 4, Apa Saja?

Secara keseluruhan, beragam foto yang dihasilkan deretan kamera Reno 4 terbilang cukup bagus.

Hasil foto kamera utama 48 MP Reno 4. Bisa dilihat bahwa kamera utama ponsel ini bisa menghasilkan gambar yang memiliki detail yang cukup bagus, dengan warna tajam yang hampir menyerupai aslinya.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama 48 MP Reno 4. Bisa dilihat bahwa kamera utama ponsel ini bisa menghasilkan gambar yang memiliki detail yang cukup bagus, dengan warna tajam yang hampir menyerupai aslinya.
Ketika memotret kondisi cukup cahaya dalam mode normal, misalnya, kamera utama ponsel ini mampu menangkap objek dengan jelas. Warna yang dihasilkan juga tampak tajam dan mendekati aslinya. Penampakannya bisa disimak pada deretan gambar di atas.

Di samping mode normal, Reno 4 juga mendukung sejumlah fitur kamera unik yang didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI), di antaranya AI Color Portrait, Night Flare Portrait, hingga Ultra Dark Mode. 

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Reno 4 di Indonesia

Fitur AI Color Portrait memungkinkan pengguna memotret objek manusia dengan latar belakang hitam putih. Fitur ini bisa dipakai di kamera depan maupun belakang. Hasilnya bisa dilihat di gambar berikut.

Oppo Reno 4 digunakan menjepret objek manusia menggunakan fitur AI Color Portrait. Foto di sebelah kiri diambil menggunakan kamera belakang, sementara foto di sebelah kanan memakai kamera depan. KOMPAS.com/Bill Clinten Oppo Reno 4 digunakan menjepret objek manusia menggunakan fitur AI Color Portrait. Foto di sebelah kiri diambil menggunakan kamera belakang, sementara foto di sebelah kanan memakai kamera depan.

Kemudian, Night Flare Portrait memungkinkan pengguna memotret objek manusia dengan efek bokeh malam hari yang cantik.

Apabila di belakang objek banyak lampu, maka pencahayaan latar belakang akan diatur sedemikian rupa agar tampil gemerlap.

Baca juga: Chipset Reno 4 Versi Indonesia Beda dengan China, Oppo Menjelaskan

Perlu dicatat, fitur ini hanya bisa dipakai untuk kamera belakang saja, tidak bisa untuk kamera depan. Hasilnya bisa disimak di gambar berikut.

Hasil foto Reno 4 fitur Night Flare Portrait. Bisa dilihat cahaya lampu yang mewarnai latar belakang objek manusia di gambar ini dirancang sedemikian rupa oleh AI agar terlihat gemerlap dan mewah.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto Reno 4 fitur Night Flare Portrait. Bisa dilihat cahaya lampu yang mewarnai latar belakang objek manusia di gambar ini dirancang sedemikian rupa oleh AI agar terlihat gemerlap dan mewah.
Kemudian, Ultra Dark Mode sendiri merupakan fitur pemotretan malam ekstrim yang diklaim mampu menampilkan objek foto dengan jelas di kondisi minim cahaya, baik lewat kamera depan maupun belakang.

Ketika dijajal, fitur Ultra Dark Mode ini bisa dibilang mampu bekerja sesuai dengan fungsinya. Foto-foto yang dihasilkan lewat mode ini tampil terang, dengan detail warna yang cukup, meski dijepret pada malam hari. 

Baca juga: Oppo Ungkap Nasib Reno 4 Pro di Indonesia

Penjepretan mode malam ini juga bisa digabungkan dengan fitur AI Color Portrait tadi, sehingga pengguna bisa menghapus warna latar belakang di malam hari. 

Reno 4 dipakai untuk memotret malam hari dengan Ultra Dark Mode. Bisa dilihat gambar yang dihasilkan tampak terang, di mana objek yang tercantum di dalamnya masih terlihat dengan jelas.KOMPAS.com/Bill Clinten Reno 4 dipakai untuk memotret malam hari dengan Ultra Dark Mode. Bisa dilihat gambar yang dihasilkan tampak terang, di mana objek yang tercantum di dalamnya masih terlihat dengan jelas.

Selain fitur kamera andalan, Reno 4 juga memiliki beberapa fungsi kamera lainnya yang tak kalah mumpuni.

Kamera ultrawide 8 MP, misalnya, bisa menghasilkan foto yang cukup baik dengan bidang pandang lebar, asalkan pencahayaannya cukup. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com