Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 8cx Generasi Kedua untuk Laptop

Kompas.com - 06/09/2020, 14:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pabrikan semikonduktor Qualcomm pekan ini mengumumkan sebuah produk terbarunya di ajang pameran teknologi tahunan IFA 2020. Ialah Snapdragon 8cx Gen 2 5G, chipset ARM yang dikhususkan untuk perangkat laptop (PC).

Seperti namanya, System-on-Chip (SoC) ini merupakan suksesor dari Snapdragon 8cx yang diperkenalkan Qualcomm tahun lalu di gelaran Snapdragon Tech Summit 2018 di Maui, Hawaii.

Dibanding pendahulunya, SoC tersebut dibekali dengan sejumlah peningkatan, di antaranya berasal dari sektor performa dan daya tahan baterai.

Qualcomm tidak menjelaskan bagaimana sebenarnya peningkatan di dua sektor tersebut apabila disandingkan dengan generasi sebelumnya. Namun, mereka sesumbar bahwa chip teranyar berbasis ARM ini lebih ngebut dibanding chip kompetitor.

Secara keseluruhan, Qualcomm mengklaim performa Snapdragon 8cx Gen 2 5G lebih kencang 18 persen dibanding chip Intel Core i5 generasi ke-10 (15W TDP), serta 51 persen lebih cepat dibanding chip Intel Core i5 Hybrid (Intel Lakefield, TDP 7W).

Baca juga: Qualcomm Siapkan Chip Snapdragon untuk Ponsel 5G Murah di 2021

Qualcomm sendiri mengklaim Snapdragon 8cx Gen 2 5G, yang memiliki TDP 7W, memiliki daya tahan baterai hingga 25 jam lebih yang diklaim kuat berhari-hari.

SoC yang dibuat dengan fabrikasi 7nm ini ditenagai dengan sejumlah komponen yang identik dengan pendahulunya.

Prosesornya masih mengandalkan CPU 64-bit delapan inti Qualcomm Kryo 495, berikut pengolah grafis (GPU) Adreno 680, dukungan RAM LPDDR4x 2.133 MHz, serta SSD UFS 3.0.

Fitur pendukung lainnya mencakup dukungan WiFi 6, Bluetooth 5.1, teknologi audio Qualcomm Aqstic, serta dukungan display eksternal berupa monitor ganda dengan resolusi 4K 60fps dan kamera hingga 32 MP.

Meski hadir dengan embel-embel "5G", chipset ini tidak dibekali dengan modem 5G terintegrasi. Snapdragon 8cx Gen 2 5G dibekali dengan chip modem LTE Snapdragon X24, sama seperti pendahulunya.

Vendor laptop yang ingin "membuka" kemampuan 5G dari chipset ini wajib memadankan dengan chip modem Snapdragon X55, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Minggu (6/9/2020).

Baca juga: Google dan Qualcomm Suntik Dana ke HMD Global, Ingin Bangkitkan Lagi Nokia?

Chip ini rencananya bakal hadir di sejumlah laptop menjelang akhir tahun 2020, diawali dengan Acer Spin 7 yang merupakan laptop 5G pertama yang dibekali dengan Snapdragon 8cx Gen 2 5G.

Sama seperti Qualcomm, Acer juga memperkenalkan perangkat tersebut di ajang IFA 2020 yang kini digelar secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com