Vivo Pamerkan Bodi Ponsel yang Bisa Berubah Warna

Kompas.com - 07/09/2020, 07:03 WIB
Vivo Pamerkan Ponsel yang Bisa Berganti Warna VivoVivo Pamerkan Ponsel yang Bisa Berganti Warna

KOMPAS.com - Berbagai vendor smartphone meluncurkan berbagai warna punggung smartphone yang unik agar lebih menarik. Mulai dari warna metalic, hingga ponsel yang dibalut dengan emas 24 karat.

Kali ini, produsen smartphone Vivo mengklaim sedang mengembangkan smartphone dengan panel belakang yang dapat berubah warna, sesuai keinginan pemiliknya, menggunakan teknologi panel elektrokromisme.

Teknologi ini memungkinkan kaca bisa berubah warna berdasarkan arus tegangan listrik yang diberikan. Vivo menjelaskan hal tersebut melalui video yang diunggah di jejaring sosial Weibo.

Baca juga: Kamera OnePlus 8 Pro Ternyata Bisa Melihat Tembus Pandang

Teknologi ini menggunakan dua lembar kaca dan dua lembar elektroda dengan film elektrokroatif di tengahnya, bersamaan dengan konduktor ion dan film penyimpan ion.

Ketika tegangan rendah diterapkan pada sebuah kaca yang menggunakan eletrokromisme, ion dapat mengubah konsistensinya.

Kemudian ion juga dapat mengubah cahaya dan memancarkannya melalui film elektrokromatik, sehingga menciptakan warna yang berbeda-beda.

Kaca elektrokromatik sebenarnya bukan hal baru. Teknologi ini seringkali digunakan pada jendela mobil maupun bangunan.

Vivo mengklaim bahwa Ini adalah teknologi berdaya rendah, sehingga tidak akan menguras baterai atau membuat ponsel cepat panas.

Baca juga: Vivo Punya Logo Baru, Beda Warna dan Lebih Tegas

Karena teknologi elektrokromatik pada dasarnya adalah kaca transparan, ke depannya ponsel yang memiliki teknologi ini juga akan memiliki punggung yang tembus pandang, seperti Nubia Red Magic 5G dan Xiaomi Mi 10 Ultra.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Senin (7/9/2020), teknologi ini diduga disematkan pada smartphone Vivo S7 5G yang digunakan sebagai unit demo Vivo.

Meskipun demikian, Vivo tetap tidak mengumumkan smartphone Vivo series apa yang akan mendapatkan teknologi unik ini. Kabarnya, Vivo akan mengumumkan secara lengkap pada akhir minggu ini.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X