Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Besar Vendor Ponsel di Indonesia Kuartal II-2020, Oppo dan Vivo Geser Samsung

Kompas.com - 07/09/2020, 10:07 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Menurut laporan firma riset Counterpoint, Indonesia menjadi salah satu pasar ponsel yang tengah berkembang di dunia, yang didominasi oleh merek smartphone asal China.

Hasil riset Counterpoint menunjukkan bahwa vendor smartphone asal China menguasai sekitar 73,3 persen dari total pengiriman (shipment) smartphone di Indonesia. Dari lima besar vendor smartphone di Indonesia, empat di antaranya adalah vendor ponsel China.

Bahkan, dua teratas pengapalan smartphone pada kuartal II-2020 dikuasai Vivo dan Oppo, menggeser posisi yang selama ini dipegang vendor Korea Selatan, Samsung.

Baca juga: Penjualan Smartphone Lesu, Ini 5 Besar Penguasa Pasar Kuartal II 2020

Secara berurutan, pangsa pasar smartphone di Indonesia kuartal II-2020 adalah Vivo sebesar 21,2 persen kemudian Oppo 20,6 persen.

Pangsa pasar smartphone di Indonesia berdasarkan data Counterpointgizchina.com Pangsa pasar smartphone di Indonesia berdasarkan data Counterpoint

Vivo mengalami peningkatan pangsa pasar yang signifikan dari 7,8 persen menjadi 21,2 persen pada kuartal II-2020. Sementara Samsung justru mengalami penurunan dibandingkan pada kuartal yang sama tahun lalu, yakni dari 27 persen menjadi 19,6 persen.

Selanjutnya, Xiaomi berada di posisi keempat dengan pertumbuhan jumlah pengapalan smartphone hingga 17,9 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Senin (7/9/2020).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Redmi 8 dan Redmi 8A di Indonesia

Di belakang Xiaomi, ada Realme yang menempati posisi kelima dengan pangsa pasar 13,6 persen. Angka itu meningkat dibandingkan periode Q2 2019 yang pertumbuhannya hanya mencapai 7,6 persen.

Meski Xiaomi berada di posisi keempat, namun Wakil Direktur CounterPoint, Tarun Pathak mengatakan bahwa Xiaomi memimpin penjualan smartphone secara online, dengan pangsa pasar mencapai 40 persen di Indonesia.

"Redmi 8A adalah ponsel terlaris di kanal online, diikuti oleh Realme 5i dan Redmi Note 8 series," imbuh Pathak.

Selain Xiaomi, Realme dan Samsung masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga dalam pasar penjualan smartphone secara online.

Counterpoint juga melaporkan bahwa penjualan smartphone di Indonesia pada kuartal II-2020, mengalami penurunan sebesar 20 persen dibandingkan periode tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com