Riset Ungkap Pemain Xbox Lebih Agresif daripada PlayStation

Kompas.com - 07/09/2020, 11:29 WIB
Ilustrasi logo Xbox dan PlayStation Business InsiderIlustrasi logo Xbox dan PlayStation

KOMPAS.com - Sebuah riset menunjukkan bahwa pemain konsol Xbox ternyata lebih agresif dibandingkan mereka yang bermain konsol PlayStation (PS). Riset tersebut melibatkan sebanyak 964 pemain game yang dijadikan sebagai objek penelitian.

Riset ini dilakukan dengan menggunakan metode Buss Perry Aggression Questionnaire. Peneliti mengukur tingkat agresi pada individu berdasarkan bagaimana mereka menjawab pertanyaan yang diajukan.

Ada sebanyak 29 pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan menggunakan skala Likert, dengan memilih angka 1 sampai 5.

Ada sejumlah variabel turunan yang diuji yakni agresi fisik, agresi verbal, tingkat kemarahan, dan tingkat kebencian.

Baca juga: Ini Dia, Negara yang Punya Gamer Terhebat di Dunia

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna konsol Xbox dinyatakan sebagai gamer yang paling agresif di keempat kategori tersebut. Penelitian ini juga menemukan bahwa gamer pria 20 persen lebih agresif daripada wanita.

Menariknya, mereka yang bermain game selama 20 hingga 30 jam dalam seminggu ternyata tidak lebih agresif dari mereka yang bermain selama 11 hingga 20 jam per minggu.

Dalam penelitian ini, ditemukan juga adanya keterkaitan antara judul game dan sikap pemain.

Judul game seperti Call of Duty, Battlefield, dan FIFA dapat memicu pemain menjadi lebih agresif. Sebab, ketiga judul game tersebut memicu pemain untuk lebih kompetitif.

Ada pula fakta unik di mana berdasarkan riset tersebut, pemain game simulasi Animal Crossing: New Horizon ternyata lebih agresif secara fisik dibandingkan pemain game Grand Theft Auto (GTA) V.

Padahal, game Animal Crossing memiliki gameplay yang minim dengan unsur kekerasan. Dalam game ini, pemain akan bermain sebagai karakter yang tinggal di desa dan melakukan kegiatan seperti memancing hingga menangkap kumbang. 

Baca juga: Mengenal Animal Crossing: New Horizons, Game Populer di Tengah Pandemi Covid-19

Dirangkum KompasTekno dari Gamerant, Senin (7/9/2020) hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kekerasan dalam sebuah video game tidak selalu menjadi pemicu seseorang menjadi lebih agresif.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X