Smartwatch Bisa Cek Oksigen Darah untuk Deteksi "Happy Hipoxia", Akuratkah?

Kompas.com - 07/09/2020, 12:47 WIB
Ilustrasi saturasi oksigen ShutterstockIlustrasi saturasi oksigen

KOMPAS.com - Happy hypoxia menjadi momok baru, karena bisa menjadi penyebab pasien Covid-19 meninggal dunia tanpa ada gejala. Banyak kasus menunjukan pasien Covid-19 dengan happy hypoxia, mendadak sesak nafas berat, dan akhirnya meninggal dunia.

Happy hypoxia sendiri merupakan istilah yang merujuk pada kondisi kurangnya kadar darah di dalam jaringan tubuh, tapi tidak menimbulkan reaksi atau keluhan di organ-organ tubuh.

Istilah ini berbeda dengan hypoxemia yang merujuk pada kurangnya kadar oksigen dalam darah, yang umumnya menimbulkan reaksi atau respon tubuh berupa gejala dan keluhan beberapa organ.

Baca juga: 5 Besar Pabrikan Smartwatch dan Daftar Jam Pintar Terlaris

Dalam kasus tertentu, hypoxemia yang berkelanjutan bisa menyebabkan hypoxia. Kendati berakibat fatal, hypoxemia bisa dicegah dengan melakukan pemeriksaan oksimetri secara mandiri menggunakan oksimeter.

Untuk diketahui, oksimeter merupakan alat pengukur kadar oksigen di dalam darah tubuh lewat ujung jari tangan. Cukup menempelkan ujung jari tangan, lalu sensor akan memindai saturasi oksigen dalam darah.

Apabila hasil saturasi oksigen 95 persen ke atas, maka tidak ada hypoxemia. Sebaliknya, jika hasilnya berada di bawah 94 persen maka terjadi hypoxemia dan disarankan melakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui ada gejala pneumonia atau tidak.

Oksimeter dibeli secara mandiri dan dijual di beberapa e-commerce dengan harga ratusan hingga jutaan rupiah. Namun, beberapa orang memilih menggunakan fitur atau aplikasi yang ada di smartphone atau smartwatch.

Beberapa gadget memang memiliki fitur pengukur kadar oksigen dalam darah, namun apakah akurat?

Jangan asal percaya

Salah satu aplikasi mengklaim bisa melakukan pemeriksaan oksimetri menggunakan kamera smartphone hanya dengan meletakkan jari di kamera, untuk membaca kadar oksigen. Namun, para dokter menyangsikan hal ini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X