Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NFC di Vivo X50 Series Tak Hanya untuk Isi Saldo

Kompas.com - 08/09/2020, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo resmi meluncurkan duo smartphone X50 series, yakni X50 dan X50 Pro, dan sudah bisa dibeli di Indonesia sejak Juli 2020. Kedua ponsel tersebut merupakan jagoan teranyar Vivo yang memiliki keunggulan di sektor fotografi.

Selain mengandalkan fitur kamera, Vivo X50 series juga menghadirkan sejumlah fitur untuk menunjang aktivitas pengguna sehari-hari, salah satunya adalah fitur konektivitas NFC (near field communication).

Saat ini, fungsi NFC semakin dibutuhkan pengguna, apalagi bagi mereka yang sering melakukan transaksi non-tunai. NFC dapat digunakan untuk mengisi ulang saldo kartu uang elektronik (e-money).

Baca juga: Apa Itu NFC di Smartphone dan Kegunaannya

“NFC adalah teknologi yang jamak ditemukan pada smartphone saat ini. Namun, masih banyak pengguna yang belum memanfaatkan seluruh potensinya dan hanya menggunakannya untuk keperluan isi ulang kartu elektronik," ujar Product Manager Vivo Indonesia Hadie Mandala dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (8/9/2020).

Nah, selain bisa dipakai untuk mengisi saldo e-money, fitur NFC di Vivo X50 series ini ternyata juga memiliki fungsi lain.

"Padahal, teknologi NFC dapat dimaksimalkan untuk bertukar data dengan lebih cepat,
bahkan fitur yang lebih lengkap dapat ditemukan di NFC Multifunctions yang ada pada Vivo X50 series," imbuh Hadie.

Fitur yang dijuluki "NFC Multifunctions" tersebut kini bisa dipakai untuk membaca, mengelola, sekaligus menyimpan beragam kartu, seperti kartu akses, transaksi pembayaran, dan transfer data.

Perlu dicatat, Vivo X50 series bisa menjalankan beragam fungsi ekstra ini dengan syarat sistem enkripsi kartu mengizinkan data yang tersimpan di dalamnya dibaca/diunduh (download).

Baca juga: Cara Cek dan Isi Saldo Kartu Uang Elektronik lewat NFC di Ponsel

"Dengan pemanfaatan teknologi NFC Multifunction yang dapat dioptimalkan hingga penyimpanan kartu akses dan alat pembayaran dengan lebih ringkas selama enkripsi kartu mengizinkan," tutur Hadie.

Fitur NFC di ponsel Vivo X50 Series.Dok. Vivo Indonesia Fitur NFC di ponsel Vivo X50 Series.

Dapat sertifikasi keamanan

Untuk segi keamanan, fitur NFC yang multifungsi ini juga telah diuji coba sedemikian rupa dan telah menerima sertifikasi keamanan penyimpanan serta download data lewat TSM (Trusted Service Manager).

Fungsi NFC di Vivo X50 Pro juga tidak membutuhkan proses pairing layaknya fitur konektivitas lain, sepeti Bluetooth. NFC bisa dipicu secara otomatis asalkan perangkat lain, misalnya kartu e-money, saling berdekatan dengan ponsel.

Baca juga: Deretan Fitur Penunjang Produktivitas di Vivo X50 Series

Fitur konektivitas tersebut juga diklaim tidak boros baterai dan hanya memakan daya ketika fitur tersebut sedang aktif, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang penggunaan daya.

Terlepas dari fungsi NFC, Vivo X50 series juga dibekali dengan spesifikasi hardware mumpuni untuk turut menunjang produktivitas pengguna, berikut performa perangkat.

Vivo X50 versi standar, misalnya, ditenagai dengan chipset Snapdragon 730, RAM 8 GB, memori internal 128 GB, serta baterai berkapasitas 4.200 mAh.

Sedangkan Vivo X50 Pro dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 765 5G, RAM 8 GB, memori internal 256 GB, serta baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih bongsor dari versi standar, yakni 4.315 mAh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com