Microsoft Resmi Umumkan Xbox Series S, Harga Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 08/09/2020, 18:07 WIB
Wujud Xbox Series S dan Xbox Series X ketika disandingkan bersama-sama Brad SamsWujud Xbox Series S dan Xbox Series X ketika disandingkan bersama-sama


KOMPAS.com - Setelah sempat melewati berbagai rumor, Microsoft akhirnya mengonfirmasi konsol next gen murah pendamping Xbox Series X, yakni Xbox Series S.

Melalui akun Twitter Xbox, Microsoft mengunggah foto nyata dari Xbox Series S. Dalam postingan tersebut, Microsoft juga menyertakan banderol harga Xbox Series S, yakni 299 dollar AS atau setara dengan Rp 4,4 juta.

Kabarnya, Xbox Series S akan diluncurkan bersamaan dengan Xbox Series X pada 10 September mendatang. Serupa dengan Xbox Series X, konsol versi terjangkau ini memiliki desain berbentuk persegi panjang yang menyerupai CPU PC.

Baca juga: Microsoft Ungkap Waktu Peluncuran Xbox Series X

Di bagian depan, terdapat lubang besar tempat sirkulasi udara berlangsung. Ini berbeda dengan posisi ventilasi udara Xbox Series X yang berada di bagian atas konsol.

Masih dari segi desain, bodi Xbox Series S dibalut seutuhnya dengan warna putih, tampak kontras dengan Xbox Series X yang tampil dengan warna hitam pekat. Tidak diketahui apakah konsol ini nantinya akan tersedia dalam warna lain atau tidak.

Meski sudah mengumumkan harga dan wujud dari Xbox Series S, Microsoft nampaknya masih enggan untuk membeberkan spesifikasi dari konsol baru ini.

Sebelumnya, Xbox Series S dikabarkan bakal mengusung spesifikasi yang lebih rendah dibanding sang kakak. Konon konsol ini akan hadir dengan RAM berkapasitas hanya 7,5 GB dan daya komputasi pengolah grafis (GPU) sebesar 4 teraflops.

Sebagai perbandingan, Xbox Series X bakal memiliki RAM 13,5 GB dengan performa GPU yang lebih tinggi, yakni hingga 12 teraflops sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Harga Game PS5 dan Xbox Series X Menurut Prediksi Analis

Xbox Series S pun disinyalir hanya dapat menjalankan game di resolusi Full HD (1080p) 60 Hz, alih-alih 4K dengan frame rate 120 Hz seperti Xbox Series X.

Setelah rumor beredar

Microsoft resmi mengumumkan Xbox Series S usai bocoran berisi foto dan harga konsol tersebut beredar luas di dunia maya, sehari sebelumnya.

Rumor tersebut secara akurat mengatakan bahwa Xbox Series S akan dijual dengan harga 299 dollar AS (Rp 4,4 juta). Sementara untuk konsol Xbox Series X, diduga akan memiliki banderol harga 499 dollar AS atau setara dengan Rp 7,3 juta. 

Kedua konsol tersebut dikatakan akan meluncur pada 10 November 2020 mendatang. Kabar ini disampaikan oleh seorang pengguna Twitter dengan nama akun Brad Sams @bdsams.

Selain membocorkan harga kedua konsol, Sams juga mengunggah gambar berisi wujud dari Xbox Series S. Ketika disandingkan dengan Xbox Series X, terlihat bahwa Xbox Series S memiliki ukuran yang cenderung lebih mungil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X