Vivo Bikin Sensor Kamera RGBW dengan Tambahan Filter Warna Putih

Kompas.com - 09/09/2020, 10:32 WIB
Teknologi peredam goyangan berbasis gimbal di kamera ponsel X50 Pro adalah salah satu contoh inovasi terbaru dari Vivo Vivo IndonesiaTeknologi peredam goyangan berbasis gimbal di kamera ponsel X50 Pro adalah salah satu contoh inovasi terbaru dari Vivo
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Kamera adalah salah satu komponen smartphone yang mengalami perkembangan pesat selama beberapa tahun terakhir. Salah satu inovasi teranyar dalam pengambilan gambar ini baru saja diperkenalkan oleh Vivo.

Vendor ponsel China itu selama beberapa tahun belakangan mengembangkan sensor gambar bikinan sendiri. Uniknya, sensor tersebut menggunakan filter warna RGBW, berbeda dari model RGGB Bayer dan Quad Bayer, ataupun RYYB yang sudah ada sebelumnya.

"RGBW" merupakan singkatan dari Red, Green, Blue, dan White. Filter ini menggantikan sub-pixel hijau dengan sub-pixel putih yang mampu menerima cahaya dalam semua gelombang. Jadi, alih-alih Red-Green-Green-Blue seperti biasa, didapatlah Red-Green-Blue-White.

Baca juga: Sony Gandeng Microsoft Bikin Sensor Kamera Cerdas

Keuntungannya, sensor kamera menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, sehingga meningkatkan kualitas tangkapan gambar saat berada dalam situasi low-light.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (9/9/2020), Vivo mengklaim sensor RGBW buatannya memiliki sensitivitas terhadap cahaya hingga 160 persen lebih tinggi dibanding sensor RGGB konvensional.

Ilustrasi sensor kamera VIvo dengan filter warna berpola Red-Green-Blue-WhiteVivo Ilustrasi sensor kamera VIvo dengan filter warna berpola Red-Green-Blue-White

Bahkan, Vivo turut mengklaim bahwa sensor RGBW mampu menangkap cahaya 15 persen lebih banyak dari sensor tipe RYYB (Red-Yellow-Yellow-Blue) di ponsel-ponsel flagship Huawei, selagi tidak mengalami masalah color cast seperti sensor tersebut.

Baca juga: Sony Bikin Sensor Kamera Pertama di Dunia dengan AI

Konsep sensor gambar dengan filter warna RGBW sendiri sebenarnya bukan barang baru. Sony sudah pernah menerapkannya di ponsel-ponsel Xperia beberapa tahun lalu. Demikian juga dengan Huawei yang menanam sensor serupa di ponsel P8 keluaran 2015.

Dulu, sensor tipe RGBW memiliki masalah warna yang tampak pudar, terutama saat keadaan gelap. Vivo kabarnya telah menemukan solusi untuk masalah ini dengan menggunakan algoritma software.

Meski demikian, kualitasnya tentu mesti perlu dibuktikan dengan hasil foto di dunia nyata. Rencananya, sensor RGBW Vivo akan mulai hadir di kamera ponsel-ponsel Vivo mulai 2021 mendatang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X