Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2020, 14:21 WIB

 

KOMPAS.com - Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, meninggal dunia pada usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020).

Ucapan belasungkawa atas kepergian Jakob Oetama juga mengalir di internet, terutama di jejaring sosial Twitter. Pantauan KompasTekno, Rabu (9/9/2020) pukul 14.00 WIB, kata kunci "Pak Jakob Oetama" menduduki posisi kedua daftar trending topic Twitter Indonesia.

Berbagai kenangan dibagikan warganet tentang Jakob Oetama, mulai dari sosok penting di dunia jurnalisme Indonesia hingga kenangan-kenangan yang membekas saat bertemu pria yang akrab disapa Pak JO itu.

Baca juga: Jakob Oetama Meninggal Dunia karena Gangguan Multiorgan

Ada juga warganet yang mengenang kerendahan hati Pak JO dan ajarannya untuk selalu bersyukur.

Seperti yang disampaikan oleh akun @sandwichjae dan @ilhamkhoiri berikut ini:

Pengguna lainnya, @nibrasnada, juga turut berbelasungkawa dan mengunggah posting yang disertai dengan foto Jakob Oetama yang diambil pada tahun 1975.

Akun @giewahyudi juga mengunggah posting serupa. Namun, ia mengutip sebuah perkataan Pak JO terkait pandangan beliau tentang lembaga dan Indonesia, berikut sebuah cuplikan video tentang yang diiringi lagu berjudul "Ibu Pertiwi".

Jakob Oetama tutup usia pada Rabu (9/9/2020) sekitar pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, dalam usia 88 tahun.

Almarhum akan disemayamkan di Kantor Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, dan akan diantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (10/9/2020).

Jakob Oetama mengawali kariernya pertama kali menjadi seorang guru. Namun, dia kemudian memilih jalan sebagai wartawan hingga kemudian mendirikan media Kompas Gramedia bersama rekannya, PK Ojong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.