Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakob Oetama Meninggal Dunia, Masyarakat Berduka di Twitter

Kompas.com - 09/09/2020, 14:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, meninggal dunia pada usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020).

Ucapan belasungkawa atas kepergian Jakob Oetama juga mengalir di internet, terutama di jejaring sosial Twitter. Pantauan KompasTekno, Rabu (9/9/2020) pukul 14.00 WIB, kata kunci "Pak Jakob Oetama" menduduki posisi kedua daftar trending topic Twitter Indonesia.

Berbagai kenangan dibagikan warganet tentang Jakob Oetama, mulai dari sosok penting di dunia jurnalisme Indonesia hingga kenangan-kenangan yang membekas saat bertemu pria yang akrab disapa Pak JO itu.

Baca juga: Jakob Oetama Meninggal Dunia karena Gangguan Multiorgan

Ada juga warganet yang mengenang kerendahan hati Pak JO dan ajarannya untuk selalu bersyukur.

Seperti yang disampaikan oleh akun @sandwichjae dan @ilhamkhoiri berikut ini:

Pengguna lainnya, @nibrasnada, juga turut berbelasungkawa dan mengunggah posting yang disertai dengan foto Jakob Oetama yang diambil pada tahun 1975.

Akun @giewahyudi juga mengunggah posting serupa. Namun, ia mengutip sebuah perkataan Pak JO terkait pandangan beliau tentang lembaga dan Indonesia, berikut sebuah cuplikan video tentang yang diiringi lagu berjudul "Ibu Pertiwi".

Jakob Oetama tutup usia pada Rabu (9/9/2020) sekitar pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, dalam usia 88 tahun.

Almarhum akan disemayamkan di Kantor Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, dan akan diantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (10/9/2020).

Jakob Oetama mengawali kariernya pertama kali menjadi seorang guru. Namun, dia kemudian memilih jalan sebagai wartawan hingga kemudian mendirikan media Kompas Gramedia bersama rekannya, PK Ojong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com