Baterai Xiaomi Redmi 9C Diklaim Tahan hingga 1.000 Kali Dicas

Kompas.com - 09/09/2020, 20:02 WIB
Kotak kemasan dan unit Redmi 9C KOMPAS.com/Kevin Rizky PratamaKotak kemasan dan unit Redmi 9C

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di Malaysia akhir Juni lalu, Redmi 9C akhirnya resmi hadir di Indonesia pada Rabu (9/9/2020).

Sebagai ponsel entry-level, Redmi 9C dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,4 juta untuk varian 3 GB/32 GB dan Rp 1,6 juta untuk model 4 GB/64 GB.

Salah satu nilai jual andalan dari Redmi 9C adalah baterai berkapasitas 5.000 mAh. Selain kapasitasnya yang besar, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, mengklaim usia baterai Redmi 9C lebih panjang dari ponsel lain.

Dalam acara peluncuran pada Rabu (9/9/2020), Alvin mengatakan, Redmi 9C dibekali dengan baterai khusus yang diklaim mampu mempertahankan siklus hidup baterai hingga empat tahun lamanya.

Baca juga: Xiaomi Redmi 9C Resmi di Indonesia, Baterai 5.000 mAh Harga Rp 1 Jutaan

Sebagai informasi, siklus hidup baterai merupakan jumlah banyaknya pengisian dan pengosongan yang dilakukan pada suatu baterai. Seiring lamanya pemakaian, siklus hidup baterai ponsel juga akan semakin berkurang.

Kapasitas baterai Redmi 9CKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Kapasitas baterai Redmi 9C

Menurut Alvin, baterai ponsel pada umumnya memiliki siklus hidup sebanyak 700 hingga 800 kali pengecasan. Namun, berbeda dengan Redmi 9C.

Untuk menjaga kualitas baterai, Xiaomi membekali Redmi 9C dengan baterai yang tahan hingga 1.000 kali dicas. Angka tersebut lebih tinggi dibanding ponsel pada umumnya.

"Untuk membuatnya awet untuk para pengguna kalangan muda terutama yang sedang kuliah kuliah 3-4 tahun, kami memilih baterai yang punya 1.000 full charge cycle. Ini 25 persen lebih besar dibanding yang dimiliki ponsel lainnya," jelas Alvin.

Menurunnya siklus hidup baterai juga akan mempengaruhi kapasitas baterai. Ketika pengguna mengisi daya ponsel melebihi siklus hidup baterai, maka kapasitas baterai ponsel tersebut akan menurun.

Baca juga: Alasan Xiaomi Bidik Milenial dan Mahasiswa di Pasar Indonesia

Setiap tahunnya, rata-rata sebuah baterai akan mengalami penurunan kapasitas sekitar 10 persen dibanding kapasitas baterai saat awal pembelian.

Selain itu, Alvin turut memberikan tips kepada pengguna Redmi 9C agar dapat menjaga kualitas baterai ponsel dalam keadaan prima.

"Selama pengguna tidak terlalu sering melakukan pengisian daya, (baterai Redmi 9C) akan mampu bertahan selama 2,5 hingga 4 tahun, sebelum baterai akan mengalami penurunan siklus hidup," pungkas Alvin.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X