Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Music Kini Sodorkan Lagu untuk Bahan Bikin Playlist

Kompas.com - 10/09/2020, 14:41 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube Music meluncurkan fitur baru yang disebut Assistive Playlist untuk Android dan iOS. Fitur ini berfungsi untuk menyarankan kumpulan lagu-lagu yang relevan dengan kesukaan pengguna, untuk dihimpun menjadi playlist.

Lagu-lagu yang disarankan YouTube Music dihimpun oleh algoritma berdasarkan riwayat lagu yang sering diputar pengguna, genre kesukaan pengguna, dan lagu-lagu yang terkumpul dalam daftar putar.

Lagu-lagu yang disarankan untuk dijadikan playlist ini juga dapat diedit pengguna. Pengguna juga akan disuguhi tujuh lagu yang disarankan saat mengedit playlist.

Baca juga: Cara Langganan YouTube Music Premium agar Bisa Download Lagu

Apabila pengguna ingin melihat lebih banyak saran lagu, pengguna dapat memilih opsi refresh yang mirip dengan fitur 'lagu yang direkomendasikan' di Spotify, sebagaimana 
dihimpun Kompastekno dari MobileSyrup, Kamis (10/9/2020),

Sebelumnya, Youtube Music juga telah meluncurkan fitur 'daftar collaborative playlist' yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi playlist mereka kepada pengguna lainnya.

Semua kolaborator atau pengguna dapat membagikan, mengurutkan, menambah, dan mengedit playlist mereka. Pengguna juga bisa mengupload video musik tersebut ke halaman profil pengguna di Youtube Music.

Baca juga: Spotify Premium Vs YouTube Music, Siapa yang Lebih Menarik?

“Ini memungkinkan pengguna menelusuri lebih jauh koleksi orang-orang yang selera musiknya mirip dengan yang mereka sukai dan ingin mereka dengar lebih banyak," tulis YouTube.

YouTube Music sendiri merupakan aplikasi streaming musik yang mirip Spotify. Pelanggan gratis bisa streaming musik lewat aplikasi YouTube Music secara gratis dengan diselingi iklan. Bagi yang tidak ingin mendengar iklan, mereka bisa membayar biaya langganan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com